VISUALISASI CINTA DALAM LUKISAN BUNGA ANGGREK

Tri Handa Yani dan Heru Maryono

Abstract


Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana memvisualisasikan cinta didalam sebuah karya lukis. Penulisan penciptaan karya seni ini dilakukan di jurusan seni rupa, fakultas bahasa dan seni Unimed. Penelitian ini dilakukan dengan cara pengungkapan idea tau gagasan dalam karya lukis sesuai tahapan yang akan dijalani seorang wanita (narasumber): hilangnya semangat hidup, hidup merana, depresi dan kemudian kembali ke masa biasa. Pembahasan karya sesuai tahapan tersebut ditinjau melalui dua aspek yaitu aspek fisikoplastis dan aspek ideoplastis. Dimana karya yang akan dibahas sebanyak 5 buah dengan judul: Pelukan Abadi, Autumn is winter on the summer, Cahaya Jiwa, Menunggu dan Pelukan. Dalam visualisasi lebih menekankan pada pengolahan objek bunga, dimana objek bunga dijadikan sebagai simbol dan ikatan hubungan manusia. Secara umum wujud karya akan diuraikan menjadi 2 aspek, yaitu aspek fisikoplastis dan aspek ideoplastis. Aspek ideoplastis menyangkut tentang gagasan sedangkan aspek fisikoplastis menyangkut teknik, maupun penerapan elemen-elemen visual seni rupa yang digunakan untuk mendukung ide atau gagasan dalam karya seni lukis.

Melalui penciptaan karya, ide dapat divisualisasikan dan elemen-elemen visual seni rupa dapat digunakan untuk mendukung penciptaan masing-masing karya.

Kata Kunci: Visualisasi, cinta, lukisan, Bunga Anggrek




DOI: https://doi.org/10.24114/gr.v1i3.1078

Article Metrics

Abstract view : 328 times


Copyright (c) 2013 Tri Handa Yani dan Heru Maryono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Gorga : Jurnal Seni Rupa
Email: gorgajurnalsenirupa@unimed.ac.id

Jl. Willem Iskandar, Pasar V, Medan Estate, Medan City, North Sumatra Province, Postal Code 20221. Phone/fax: (061) 661 3365 / +6285278021981.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License