Upaya Meningkatkan Hasil Menggambar Karikatur Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Kelas VIII-2 SMP Negeri 1 Kisaran T.A. 2012/2013
Abstract
ABSTRAK
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar menggambar karikatur siswa kelas VIII-2 di SMP Negeri 1 Kisaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar menggambar karikatur siswa kelas VIII-2 di SMP Negeri 1 Kisaran dengan menggunakan metode demonstrasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kisaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 1 Kisaran yang berjumlah 25 orang. Data penelitian dilakukan dengan menggunakan instrumen tes hasil belajar, instrumen tersebut merupakan tes menggambar karikatur menggunakan pensil warna. Prosedur penelitian menggunakan dua siklus dengan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pada pre tes yang di peroleh sebesar 40% yang tuntas dengan jumlah siswa 10 orang dan nilai rata-rata siswa sebesar 68,632 dan mengalami peningkatan pada saat pos test siklus I menjadi 68% yang tuntas dengan jumlah siswa 17 orang, dan nilai rata-rata siswa sebesar 74,056. Pada saat siklus II terjadi peningkatan dari pos test siklus I ke post test siklus II menjadi 92%yang tuntas dengan jumlah siswa 23 orang, dan nilai rata-rata siswa sebesar 85,36%. Dengan demikian terjadi rata-rata peningkatan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran sebesar 26%. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar menggambar karikatur siswa pada kelas VIII-2 SMP Negeri 1 Kisaran T. A. 2012/2013.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/gr.v1i3.1079
Article Metrics
Abstract view : 215 timesPDF - 2 times
Copyright (c) 2013 Ana Dian Pertiwi dan Zulkifli
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Gorga : Jurnal Seni Rupa
Email: gorgajurnalsenirupa@unimed.ac.id
Jl. Willem Iskandar, Pasar V, Medan Estate, Medan City, North Sumatra Province, Postal Code 20221. Phone/fax: (061) 661 3365 / +6285278021981.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License