MINAT MAHASISWA MEMILIH MATA KULIAH STUDI KHUSUS SENI LUKIS PADA JURUSAN SENI RUPA FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN ANGKATAN 2014
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran minat mahasiswa memilih M.K studi khusus seni lukis pada Jurusan Seni Rupa FBS Unimed Angkatan 2014, untuk mengetahui sesuaikah minat mahasiswa memilih M.K studi khusus seni lukis pada Jurusan Seni Rupa FBS Unimed Angkatan 2014, dan untuk mengetahui hasil belajar M.K Studi Khusus Seni Lukis mahasiswa pada Jurusan Seni Rupa FBS Unimed Angkatan 2014. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa yang memilih M.K studi khusus seni lukis angkatan 2014 berjumlah 34 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, dan angket. Analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif. Temuan hasil penelitian, M.K studi khusus seni lukis adalah M.K yang paling diminati sebesar 43,038% (34 orang), seni patung 3,797% (3 orang), seni kriya 13,924% (11 orang), fotografi 0%, seni grafis komputer 39,241% (31 orang). Mahasiswa memilih M.K studi khusus seni lukis karena keinginan sendiri sebesar 97,059% (33 orang), memilih karena rasa simpatik pada pengajar dan karena dorongan orang tua sebesar 0%, memilih karena diajak sebesar 2,941% (1 orang). Hasil belajar M.K Studi Khusus seni lukis mahasiswa angkatan 2014 adalah sebesar 73,529% (25 orang) nilai sangat bagus yakni nilai A, dan 17,647% (6 orang) nilai bagus yakni nilai B, nilai C, dan D sebesar 0%, dan 3 orang nilai E sebesar 8,824%.
Kata Kunci: minat, mahasiswa, dan seni lukis.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/gr.v6i1.11025
Article Metrics
Abstract view : 238 timesPDF - 479 times
Copyright (c) 2017 Merry Manurung, Sugito Sugito
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Gorga : Jurnal Seni Rupa
Email: gorgajurnalsenirupa@unimed.ac.id
Jl. Willem Iskandar, Pasar V, Medan Estate, Medan City, North Sumatra Province, Postal Code 20221. Phone/fax: (061) 661 3365 / +6285278021981.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License