ANALISIS PATUNG DEWA MURUGAN DI DESA PADANG CERMIN KECAMATAN SELESAI KABUPATEN LANGKAT DI TINJAU DARI BENTUK DAN GAYA MENURUT KITAB SILPASASTRA

Hilda Triana, Mangatas Mangatas

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan apakah Patung Dewa Murugan yang ada di Desa Padang Cermin Kecamatan Selesai Kabupaten Langkat tersebut telah sesuai dengan bentuk dan gaya menurut kitab Silapasastra. Sampel dalam penelitian ini adalah satu buah Patung Dewa Murugan Di Desa Padang Cermin Kecamatan Selesai Kabupaten Langkat yang diteliti dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Pada penelitian menunjukan: Bahwa bentuk dan gaya Patung Dewa Murugan di Desa Padang Cermin Kecamatan Selesai Kabupaten Langkat ternyata tidak sesuai dengan ketetapan dalam Kitab Silpasastra. Saran bagi pematung agar membuat patung yang sesuai dengan aturan-aturan yang telah ditetapkan dalam Kitab Silpasastra.

                Kata Kunci: patung, bentuk, gaya, kitab silpasastra.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/gr.v6i2.11030

Article Metrics

Abstract view : 192 times
PDF - 3915 times

Copyright (c) 2017 Hilda Triana, Mangatas Mangatas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Gorga : Jurnal Seni Rupa
Email: gorgajurnalsenirupa@unimed.ac.id

Jl. Willem Iskandar, Pasar V, Medan Estate, Medan City, North Sumatra Province, Postal Code 20221. Phone/fax: (061) 661 3365 / +6285278021981.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License