PERBEDAAN NILAI (VALUE) DAN MAKNA (MEANING) BUDAYA PERMAINAN EGRANG DI EMPAT NEGARA

Kendall Malik

Abstract


Abstrak

Mainan egrang merupakan mainan tradisional yang sudah dimainkan oleh masyarakat zaman dulu. Budaya bermain disetiap daerah, suku/ras, budaya dan tradisional merupakan suatu kegiatan yang didasari oleh latar belakang sejarah , budaya dari nenek moyang dan leluhur tersebut. Hal ini kegiatan-kegiatan bermain tersebut melahirkan suatu makna dan arti budaya itu sendiri. Suatu budaya bermain itu dapat menggambarkan, mencerminkan dan mengartikan karakter suatu daerah/negara tertentu. Permainan egrang yang dimiliki oleh negara-negara lain ternyata menyimpan latar belakang sejarah dan budaya yang bermakna sehingga permainan tersebut menjadi salah satu pertunjukan yang penting dalam suatu acara atau even. Permainan Egrang dilakukan oleh muda mudi, umumnya anak laki – laki mulai yang umur 10-25 tahun dan hanya sebagian kecil anak perempuan. Permaianan ini merupakan permainan ketangkasan. Nilai budaya yang terkandung dalam permainan ini adalah kerja keras, keuletan, keseimbangan dan sportivitas. Hal ini menjadi mainan menghibur diri yang menarik dan mainan yang berusur ketangkasan. Mainan ini cenderung menarik perhatian karena ketinggiannya yang menbuat atraksi-atraksi di arak-arakan pada acara – acara tahunan.

Kata Kunci: egrang, permainan, makna, budaya.

Abstract

The Stilts is traditional toys that played in the past. The Games traditional are every region/ras, district, culture and traditional have stories and ancestors culture behind it. The games have borned the culture meaning by own. The game traditional can describe to district characteristic and culture. From another countries, the Stilts game have history background and culture meaning that games become the main performence of the event. On the other side, the stilts game are played by young male people between 10 and 25 years old and female play a little. This game is agility games. The Cultural value in this game contents hard work, balance, tenacity and sporty. This game is attractive game that contens agility games. In addition, the game is attractive by audience because the users look tall than the others, and the event look anttractive.  

Keywords: the stilts, games, meaning, culture.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/gr.v8i1.13166

Article Metrics

Abstract view : 1009 times
PDF - 2454 times

Copyright (c) 2019 Kendall Malik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Gorga : Jurnal Seni Rupa
Email: gorgajurnalsenirupa@unimed.ac.id

Jl. Willem Iskandar, Pasar V, Medan Estate, Medan City, North Sumatra Province, Postal Code 20221. Phone/fax: (061) 661 3365 / +6285278021981.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License