PERBEDAAN ANTARA MEDIA KONVENSIONAL DAN VIDEO TUTORIAL DALAM MENGGAMBAR BENTUK DI SMA NEGERI 1 KUTALIMBARU

Rika Sulngam Litduitna, Nelson Tarigan, Khaerul Saleh, Muslim Muslim

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil menggambar bentuk siswa dengan menggunakan media pembelajaran Konvensional dan media pembelajaran Video Tutorial. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karya siswa kelas X SMA Negeri 1 Kutalimbaru berjumlah 261 karya.  Pengambilan  sampel  menggunakan  teknik  cluster  random sampling,  diperoleh  sampel  penelitian  yaitu  kelas  X MIA-1 sebanyak 36 siswa. Pada Kelas X MIA-1 ini diberi dua tahap tindakan yaitu pengambilan sampel awal dengan proses belajar-mengajar menggunakan media pembelajaran konvensional. Kemudian setelah itu dilakukan pengambilan sampel yang kedua dengan proses belajar mengajar menggunakan media video tutorial.  Metode  pengumpulan  data  yang  digunakan  antara  lain  metode  dokumentasi,  observasi dan  tes. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen semu (Quasi-Eksperimen Design). Berdasarkan  hasil  penelitian  diperoleh  rata-rata  nilai tes pertama sebesar 71,43 dan nilai tes kedua 82,74. Hasil uji perbedaan  rata-rata  menunjukkan bahwa rata-rata nilai kedua lebih baik dari pada nilai pertama. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan signifikansi α = 0,5 dengan dk 70 didapat ttabel = 1,6669. Jadi hasil uji hipotesis diperoleh thitung 5,52 > ttabel 1,66669. Jadi Ha diterima sekaligus ditolak H0 kemudian kesimpulannya adalah terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil karya menggambar bentuk dengan media pembelajaran Video Tutorial siswa SMA Negeri 1 Kutalimbaru.

Kata Kunci: perbedaan,konvensional, video tutorial, Kutalimbaru.

Abstract

This research is to determine the differences of student’t drawing results using conventional learning media and video tutorial learning media. The population of this research were all students of class X of SMA Negeri 1 Kutalimbaru totaling 261 works. The Sampling using cluster random sampling technique, obtained research samples namely class X MIA-1 as many as 36 students. For Class X MIA-1 was giving two stages of action, namely initial sampling with the teaching-learning process using conventional learning media. Then after that the second sample was taken with the teaching and learning process using video tutorial media. Data collection methods used include documentation, observation and test methods. This research is a quantitative research with quasi-experimental design. Based on the results of the study, the average value of the first test was 71.43 and the second test score was 82.74. The results of the average difference test show that the average of the second value is better than the first value. Based on the results of hypothesis testing with significance α = 0.5 with 70 dk obtained t table = 1.6669. So the hypothesis test results obtained t count 5.52> t table 1.66669. So Ha was accepted and rejected by H0 then the conclusion was that there was a significant difference in the work of drawing shapes with the learning media for Video Tutorials at SMA Negeri 1 Kutalimbaru.  .

Keywords: difference, konventional, tutorial video, Kutalimbaru.

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/gr.v9i1.18781

Article Metrics

Abstract view : 392 times
PDF - 1556 times

Copyright (c) 2020 Rika Sulngam Litduitna, Nelson Tarigan, Khaerul Saleh, Muslim Muslim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Gorga : Jurnal Seni Rupa
Email: gorgajurnalsenirupa@unimed.ac.id

Jl. Willem Iskandar, Pasar V, Medan Estate, Medan City, North Sumatra Province, Postal Code 20221. Phone/fax: (061) 661 3365 / +6285278021981.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License