MOTIF BURUNG ENGGANG GADING PADA PAKAIAN ADAT DAYAK KANAYATN KALIMANTAN BARAT

Iwan Pranoto, Stepanus Adi Pratiswa, Nala Nandana Undiana

Abstract


Abstrak

Ragam hias merupakan sebuah ciri khas produk kebudayaan yang terdapat di berbagai daerah, seperti di Kalimantan Barat terdapatnya stilasi ragam hias burung enggang yang memiliki makna serta filosofi pandangan masyarakat setempat terhadap ragam hias tersebut dalam kehidupan sehari-harikhususnya bagi suku Dayak Kanayatn di Kabupaten Landak, Kalimantan Barat.  Karya seni yang berkembang pada masyarakat ini memiliki keterkaitan dengan fenomena sosial yang banyak menggunakan bahasa simbol dan lambang dalam mengaplikasikannya pada kehidupan sehari-hari. Simbol dan lambang yang dipakai masyarakat suku Dayak Kanayatn khususnya pada pakaian adat terdapat motif hias burung enggang, yang memiliki makna-makna kehidupan, kesuburan, keberanian. Karya seni motif hias pada pakaian adat suku Dayak Kanayant mengacu pada simbol, ikon, indeks, rheme, decising, argument, qualising, sensing, dan legising serta tanda dan penanda yang digunakan dan sintakis dari objek motif burung enggang serta semantik yang terdapat dalam motif burung enggang dan pragmatik yang memberi pesan kepada pembaca. Sebuah pesan yang dimiliki oleh motif hias burung enggang pada pakaian suku Dayak Kanayatn ini akan dilihat dari beberapa bagian terdiri dari bagian kepala, badan, dan kaki, setiap bagian ini tidak lepas dari unsur-unsur seni rupa yang menjadi simbol dan makna bagi masyarakat suku Dayak Kanayatn.

Kata Kunci: dayak, motif, burung, enggang, pakaian.

Abstract

Decorative variety is a characteristic of products that exist in various regions such in Kalimantan Barat includes stylized ornamentation of burung enggang which has meaning and philosophy the views of local people on decoration in daily life,especially for Dayak Kanayatn tribe in Landak, Kalimantan Barat. Arts developed at this society hasa relationship with social phenomena that many use the language of symbols and symbols used Dayak Kanayatn tribe community specifically on traditional clothing there is a enggang gading ornamental,  which is have meanings of life fertility, courage. Decoratife on traditional tribal clothing Dayak Kanayatn on symbols, icons, indeks, rheme, decising, argument, qualising, sensing, and legising, binders and markings used as well the syntax of enggang gading motif objects as well the semantics which give a message to the reader. A Message from the burung enggang ornamental on the Dayak Kanayatn tribe clothing will be, viewed from several parts consisting of the head, body, and legs,each of these parts can not be separated from fine art which are symbols for the Dayak Kayatan.

Keywords: dayak, ornament, burung, enggang, clothing.

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/gr.v9i2.18928

Article Metrics

Abstract view : 1744 times
PDF - 2722 times

Copyright (c) 2020 Iwan Pranoto, Stepanus Adi Pratiswa, Nala Nandana Undiana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Gorga : Jurnal Seni Rupa
Email: gorgajurnalsenirupa@unimed.ac.id

Jl. Willem Iskandar, Pasar V, Medan Estate, Medan City, North Sumatra Province, Postal Code 20221. Phone/fax: (061) 661 3365 / +6285278021981.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License