Cover Image

TRANSFORMASI DOKUMEN KOMUNIKASI VISUAL SAMPUL BUKU DIGITAL DALAM METODE PENELITIAN KUALITATIF PERSPEKTIF SOSIAL BUDAYA BIDANG DESAIN KOMUNIKASI VISUAL

Sujud Puji Nur Rahmat

Abstract


The use of visual communication documents is one of the data collection techniques, in addition to interviews and observations, in a research method conducted by a researcher. In visual communication documents, there is a type of book cover containing information that a researcher can obtain and analyze. Before the existence of internet-sourced technology, people only communicated physically or face-to-face so that the visual communication document for the book cover obtained by a researcher was also physical. Community communication methods are now changing, using internet-sourced technology that provides visual communication services based on social media applications, such as Whatsapp, Facebook, and Tokopedia. Changing community communication methods affect the form of book cover visual communication documents in qualitative research, initially physically now transforming into digital. Through Whatsapp, Facebook, and Tokopedia, a researcher collected data on visual communication documents on digital book covers. The research method in this paper uses a mixed research method, first, conventional ethnography and, second, virtual ethnography as a way of investigation through observation and examination of physical and digital book cover visual communication documents on the object of research in order to obtain the necessary data. Based on the analysis, there is one old phenomenon, namely (1) visual communication documents on physical book covers; and there are two new phenomena, namely (1) physical book cover visual communication documents which are documented by means of digital copies and (2) digital book cover visual communication documents. There is another phenomenon, namely the transformation of the digital book cover visual communication document affecting the character of the research subject, the procedures and processes in data collection techniques, and changing and adding to the theoretical repertoire of qualitative research methods.

Keywords: digital transformation, data collection technique.


Abstrak

Pada dokumen komunikasi visual terdapat jenis sampul buku berisi informasi yang bisa diperoleh dan dianalisis seorang peneliti. Sebelum adanya teknologi bersumber internet, masyarakat hanya berkomunikasi secara fisik atau tatap muka sehingga dokumen komunikasi visual sampul buku yang diperoleh seorang peneliti juga berbentuk fisik. Metode komunikasi masyarakat kini berubah, dengan menggunakan teknologi bersumber internet yang menyediakan layanan jasa komunikasi visual berbasis aplikasi media sosial, seperti Whatsapp, Facebook, dan Tokopedia. Metode komunikasi masyarakat yang berubah memengaruhi bentuk dokumen komunikasi visual sampul buku dalam penelitian kualitatif, awalnya fisik kini bertransformasi menjadi digital. Melalui Whatsapp, Facebook, dan Tokopedia, seorang peneliti melakukan pengambilan data dokumen komunikasi visual sampul buku digital. Metode penelitian pada tulisan ini, menggunakan metode penelitian campuran antara, pertama, etnografi konvensional dan, kedua, etnografi virtual sebagai cara penyelidikan melalui observasi dan pemeriksaan dokumen komunikasi visual sampul buku fisik maupun digital pada objek penelitian dengan tujuan untuk mendapatkan data-data yang diperlukan. Berdasarkan hasil analisis, terdapat  satu fenomena lama, yaitu (1) dokumen komunikasi visual sampul buku fisik; dan terdapat dua fenomena baru, yaitu (1) dokumen komunikasi visual sampul buku fisik yang didokumentasikan dengan cara digandakan berbentuk digital dan (2) dokumen komunikasi visual sampul buku digital. Terdapat fenomena lainnya, yaitu transformasi dokumen komunikasi visual sampul buku digital memengaruhi karakter subjek peneliti, prosedur serta proses dalam teknik pengambilan data, dan mengubah serta menambah khazanah teoretis pada metode penelitian kualitatif. 

Kata Kunci: transformasi digital, teknik pengumpulan data.

 

Author:

Sujud Puji Nur Rahmat : Universitas Mercu Buana 


References:

Adian, D.G. (2016). Pengantar Fenomenologi. Depok: Koekoesan.

Andarningtyas, N. (2020). Menyambut Era Transformasi Digital 2021. dihttps://www.antaranews.com/berita/1921172/menyambut-era-transform asi-digital-2021 (diakses tanggal 26 Mei 2021).

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.

Brooke, Auxier and Monica Anderson. (2021). A majority of Americans say they use of Instagram. Snapchat and Tiktok is especially common amongadultsunder30.http://www.pewresearch.org/internet/2021/04/07/social-media-use-in2021/ (diakses tanggal 07 April 2021). 

Christiani, L.C., & Ikasari, P.N. (2020). Generasi Z dan Pemeliharaan Relasi Antar Generasi dalam Perspektif Budaya Jawa. Jurnal Komunikasi danKajianMedia,4(2),85105.http://dx.doi.org/10.31002/jkkm.v4i2.3326.

Hasanah, H. (2016). Teknik-teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). Jurnal at-Taqaddum, 8(1), 21-46.

Karmanis & Karjono. (2020). Buku Pedeman Belajar: Metode Penelitian. Semarang: CV Pilar Utama.

Kistanto, N. H. (2018). Transformasi Sosial-Budaya Masyarakat Indonesia. Sabda: Jurnal Kajian Kebudayaan,     13(2), 169-178. https://doi.org/10.14710/sabda.13.2.169-178.

Nasrullah, R. (2016). Teori dan Riset Media Siber (Cybermedia). Jakarta: Prenadamedia Group.

Nugroho, A. (2020). New Normal, Momentum Transformasi Sosial Budaya. https://ugm.ac.id/id/berit a/19479-new-normal-momentum-transformasisosialbudaya(diaksestanggal26Mei2021).

Mahmuddin. (2017). Transformasi Sosial Aplikasi Dakwah Muhammadiyah Terhadap Budaya Lokal. Makassar: Penerbit Alaudin Press.

Maulaa, M. (2020). 11 Bulan Pandemi Covid-19 Melanda Dunia, Berikut 6 Hal yang Perlu Anda Ketahui Saat Ini. https://www.pikiran-rakyat.c om/nasional/pr-01922691/11-bulan-pandemi-covid-19-melanda-dunia-berikutberikut-6-hal-yang-perlu-anda-ketahui-saat-ini (diakses tanggal 26 Mei 2021).

Pratama, B.I. (2017). Etnografi Dunia Maya Internet. Malang: UB Press.

Putra, R.W. (2020). Pengantar Desain Komunikasi Visual dalam Penerapan. Yogyakarta: Andi Offset.

Rahmat, Sujud Puji Nur. (2021). “Karakter Penyebaran Sampul Buku”. Hasil Dokumentasi Pribadi: Mei 2021, Yogyakarta.

Rastati, R. (2018). Media Literasi Bagi Digital Natives: Perspektif Generasi Z di Jakarta. Kwangsan, 6(1), 60-73. http://dx.doi.org/10.31800/jtp.kw.v6n1.p60--73.

Sachari, A., & Sunarya, Y.Y. (2001). Desain dan Dunia

Kesenirupaan Indonesia dalam Wacana-Wacana Transformasi Budaya. Bandung: Penertbit ITB.

Sas. (2021). Transformasi Digital di Dunia Hari Ini.    ditransformation.html#:~:text=Transformasi%20digital%20sering%20digunakan%20un20untu,bisnis%20internal%2C%20transformasi%20menjadi%20mungkin (diakses tanggal 26 Mei 2021).

Sakti, M. N. (2020). Moslem Social Media: Argumen Islam Terhadap Fenomena Sosial Media di Era Industri 4.0. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Septiarti, S. W. (1994). Tranformasi Sosial Masyarakat dalam Perspektif Strukturalimse-Fungsionalisme Suatu Tinjauan Sosiologis. Cakrawala Pendidikan, 13(3), 127-138.  https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.9153.

Soewardikoen, D. W. (2019). Metodologi Penelitian Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Kanisius.

Tinarbuko, S. (2012). Semiotika Komunikasi Visual. Yogyakarta: Jalasutra.

Wasitaatmadja, F. F. (2020). Etnografi Hukum: Budaya Hukum Masyarakat Cina Jelata. Jakarta: Kencana.                                 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/gr.v10i1.25272

Article Metrics

Abstract view : 73 times
PDF - 39 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.