Cover Image

PERANCANGAN BUKU “KOMUNIKASI DALAM ISYARAT” SEBAGAI MEDIA PENGENALAN HURUF HIJAIYAH UNTUK ANAK TUNARUNGU BERBASIS ILUSTRASI

Mahendra Wibawa, Anita Wulan Suci

Abstract


Deaf childrens are children with hearing limitation that can be fully or partial hearing function problems. Deaf childrens can communicate using movement pattern combinations (sign language), accompanied by face expression dan lips reading that can be studied using eyesight. For moslem deaf children, they have limitation on understanding and memorizing hijaiyah alphabets. One of the factors that make it hard to learn is the learning media limitation on Al-Quran for deaf childrens. Media that usually use to learn hijaiyah alphabets is Iqro books, the weak side of this book is there’s no procedure on how to pronounce Al-quran from letters of alphabets or in hijaiyah sign. Start from this limitation on deaf childrens and iqro book’s weaknesses, the idea to designing illustration book of hijaiyah alphabet introduction for deaf children was emerge. The media for the design is a book titled “Komunikasi dalam Isyarat” (“Communicate in sign”) in 20 x 20 cm size with 53 pages and soft covered, the content pages will be in HVS 100g paper. This book will contain hijaiyah alphabets, hijaiyah sign, exercises, evaluation test, and puzzle pieces that will be included in puzzle container.

Keywords: book, illustration deaf, sign, hijaiyah.


Abstrak

Anak tunarungu merupakan anak dengan keterbatasan pendengaran yang kurang berfungsi dengan baik maupun tidak sama sekali. Anak tunarungu berkomunikasi dengan cara menggunakan kombinasi pola gerakan tertentu, juga disertai dengan ekspresi wajah dan gerak mulut yang bisa dibaca secara visual melalui indera penglihatan. Bagi anak tunarungu muslim, keterbatasan lainnya yaitu sulit memahani dan menghafal huruf huruf hijaiyah. Salah satu faktor penyebab sulit memahami huruf hijaiyah adalah keterbatasan media belajar Al-Qur’an khusus untuk anak tunarungu. Media yang selama ini digunakan untuk belajar huruf hijaiyah adalah buku Iqro’, kelemahan pada buku ini karena di dalamnya tidak ada cara membaca Al-Qur’an melalui huruf abjad maupun isyarat hijaiyah. Berawal dari keterbatasan anak tunarungu dan kelemahan pada buku Iqro’, muncullah ide merancang buku ilustrasi pengenalan huruf hijaiyah untuk anak tunarungu. Media yang dirancang merupakan buku berjudul “Komunikasi dalam Isyarat” berukuran 20 cm x 20 dan memiliki 53 halaman, cover buku menggunakan soft cover, dan lembaran halaman menggunakan bahan kertas HVS 100g . Buku ini berisi tentang materi huruf hijaiyah, isyarat hijaiyah, latihan soal, soal evaluasi, dan potongan puzzle yang diletakkan ke dalam puzzle container.

Kata Kunci: buku, ilustrasi, tunarungu, isyarat, hijaiyah.

 

Authors: 

Mahendra Wibawa : Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer Indonesia Malang

Anita Wulan Suci : Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer Indonesia Malang

 

References:

38 Lineart. (2019). Kid Knowledges 1. https://www.dafont.com/kids-knowledge.font (diakses tanggal 09 Juni 2021).

Darulashom. (2020). Bahasa Isyarat Hijaiyah. https://www.facebook.com/ponpesdarulashom/photos/a.107301890843658/169103007996879 (diakses tanggal 09 Juni 2021).

Figuree Studio. (2019). Play Kidz. https://www.dafont.com/playkidz.font (diakses tanggal 09 Juni 2021).

Geswein, K. (2017). kg she persisted. https://www.dafont.com/kg-she-persisted.font (diakses tanggal 09 Juni 2021).

Gumelar, G., Hafiar, H., & Subekti, P. (2018). Bahasa Isyarat Indonesia Sebagai Budaya Tuli Melalui Pemaknaan Anggota Gerakan Untuk Kesejahteraan Tunarungu. NFORMASI: Kajian Ilmu Komunikasi, 48(1), 66-67.

Huda, N. (2019). Aplikasi Bahasa Isyarat Pengenalan Huruf Hijaiyah Bagi Penyandang Disabilitas Tuna Rungu. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer)8(1), 1-6.. https://doi.org/10.32736/sisfokom.v8i1.582.

Ikbal, M. (2021). Huruf Hijaiyah: 30 Huruf Arab yang Luar Biasa [PENJELASAN LENGKAP]. hasana.id. https://hasana.id/huruf-hijaiyah/ (diakses tanggal 09 Juni 2021).

Monica, M., & Luzar, L. C. (2011). Efek Warna dalam Dunia Desain dan Periklanan. Humaniora2(2), 1084-1096. https://doi.org/10.21512/humaniora.v2i2.3158.

Novitasari, D. (2018). Kajian Estetika Melalui Bentuk Keseimbangan Ilustrasi Durga Dengan Teknik Sablon Discharge Sederhana. Jurnal Bahasa Rupa, 1(2), 73–80. https://doi.org/10.31598/bahasarupa.v1i2.263.

Rahmawati, A. (2014). Pembelajaran Menggambar Ilustrasi Kartun Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 1 Keling Kecamatan Keling Kabupaten Jepara. Eduarts: Jurnal Pendidikan Seni3(1), 45–53. https://doi.org/10.15294/eduart.v3i1.4055.

Sanyoto, S. E. (2006). Metode Perancangan Komunikasi Visual Periklanan. _______ : Dimensi.

Sasongko, M. N., Suyanto, M., & Kurnaiawan, M. P. (2020). Analisis Kombinasi Warna pada Antarmuka Website Pemerintah Kabupaten Klaten. Jurnal Teknologi Technoscientia, 12(2), 153–158.

Sesdiawan, M. (2013). Perancangan Media Buku Pop-Up Sebagai Upaya Pencegahan Perilaku Anak Usia 7-12 Tahun Berisiko Obesitas Di Bandung the Design of the Media Book Pop-Up Behavior Prevention Efforts As Thechildren Aged 7-12 Years Are At Risk of Obesity in. e-Proceeding of Art & Design, 2(2), 388–395.

Setywan, D. I., Tolle, H., & Kharisma, A. P. (2017). Perancangan Aplikasi Communication Board Berbasis Android Tablet Sebagai Media Pembelajaran dan Komunikasi Bagi Anak Tunarungu. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 2(8), 2933–2943.

The Little Hijabi Homeschooling. (2020). Poster Isyarat Hijaiyah. https://www.facebook.com/thelittlehijabi/photos/pcb.1553988721421966/1553988514755320/ (diakses tanggal 09 Juni 2021).

Wibawa, M., & Suci, A. W. (2021). "Kumpulan Foto dan Gambar Penelitian". Hasil Dokumentasi Pribadi: 26 Februari 2021, STIKI Malang.

Wisnuwardani, D. P. (2019). Ada 4, Kenali Ragam Disabilitas. Liputan6.Com. https://m.liputan6.com/disabilitas/read/4126110/ada-4-kenali-ragam-disabilitas (diakses tanggal 09 Juni 2021).


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/gr.v10i1.25523

Article Metrics

Abstract view : 103 times
PDF - 79 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.