Cover Image

KARAKTERISTIK MOTIF SULAMAN SELENDANG KOTO GADANG SUMATERA BARAT

Hendra Hendra, Yuni Kartika Sari

Abstract


Block printi This study aims to determine the characteristics of the motifs applied to the Koto Gadang shawl. Motive of “suji caia” that applied to Koto Gadang embrodery has specified characteristic that make it different from another palce shawl. This study uses a qualitative method with a form and structure theory approach to art. Data collection was carried out through literature study, observation, interview, anh documentation.The motifs applied to the shawl are flora and fauna motifs. Using the theory of arranging elements of fine art, so that the characteristic of the motif can be seen from the shape of the motif and the structure of the motif that is balanced. The distinctive motif of the Koto Gadang shawl is a floral motif called Botan and Chrysanthemum. The placement of flowers on the shawl is different from other areas which usually use a formal balance mirror or like glass, as well as well as the arrangement of flowers from small to large flowers.

Keywords: shawl embroidered, motif, characteristics.


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik bentuk dan struktur motif yang diterapkan pada sulaman selendang Koto Gadang. Motif suji caia yang diterapkan pada Sulaman Koto Gadang memiliki karakteristik yang membedakannya dengan sulaman dari daerah lain.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan teori bentuk dan struktur seni rupa. Pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka, observasi, wawancara, dan dokumentasi.Motif yang diterapkan pada selendang berupa motif flora dan fauna. Menggunakan teori penyusunan unsur seni rupa, sehingga  ciri khas motif terlihat dari bentuk motif dan struktuf motif yang seimbang. Motif khas dari selendang Koto Gadang berupa motif flora yang bernama bunga Botan dan Krisan. Peletakkan bunga pada selendang berbeda dengan daerah lain yang biasanya menggunakan formal balance mirror atau seperti kaca, serta penyusunan bunga dari kecil ke bunga besar.

Kata Kunci: sulaman selendang, motif, karakteristik.

 

Authors: 

Hendra : Institut Seni Indonesia Padangpanjang

Yuni Kartika Sari : Institut Seni Indonesia Padangpanjang

 

References:

Canang. (1994). Tabloid Koto Gadang. Koto Gadang: _______.

Garang, DT. (2019). Ragam hias Minangkabau. Padang: Pemprov Sumbar.

Garang, DT. (2019). Sulam Bordir Sumatera Barat. Padang: Pemprov Sumbar.

Ida, Y. (2009). No Titlepaduan Lengkap Sulam (Cetakan 1). Surabaya: Tiara Aksa.

Juwita, N. (2019). Karakteristik Dan Makna Simbolik Masjid Muhammad Cheng Hoo. Makassar: Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar.

Kartika, D. S. (2004). Seni Rupa Modern (Cetakan 1). Bandung:  Rekayasa Sains.

Miles, Mattew B. dan A. Michael Huberman. (1992). Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Method. Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber tentang Metode-metode Baru. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia (UI-PRESS).

Moleong, Lexy J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif: Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Rahman, D., Efi, A., & Novrita, S. Z. (2015). Ragam Hias Suji Cair pada Sulaman Selendang Kotogadang Kabupaten Agam Sumatera Barat (Studi Kasus di Yayasan Amai Setia). E-Journal Home Economic and Tourism9(2), ____ .

Sari, Yuni Kartika. (2020). " Motif Sulaman Selendang". Hasil Dokumentasi Pribadi: 10 Januari 2020, Koto Gadang.

Sita, R. D., & Mity J. Juni. (2011). Sulam, Tenun, dan Renda Khas Koto Gadang. Jakarta: Dian Rakyat.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhersono, H. (2004). Desain Bordir Inspirasi Motif Bordir Cina. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.

Sundari, Sri. (2000). Seni Ukir Pandai Sikek Dalam Masyarakat Minangkabau Yang Berubah. Yogyakarta: Tesis UGM.

Suryabrata, S. (1983). Metodologi Penelitian. Jakarta: Grafindo Persada.

Swastantika, Dyah. (2018). Bunga Krisan:Manfaat, Cara, Menanam, dan Perawatannya. https://www.homify.co.id/ideabooks. (diakses 01 Agustus 2020).

Zulkarnaen, Y. (2006). Sulam Benang Motif Bunga (Pertama). Jakarta: Puspa Swara.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/gr.v10i2.27776

Article Metrics

Abstract view : 418 times
PDF - 1556 times

Copyright (c) 2021 Hendra Hendra, Yuni Kartika Sari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Gorga : Jurnal Seni Rupa
Email: gorgajurnalsenirupa@unimed.ac.id

Jl. Willem Iskandar, Pasar V, Medan Estate, Medan City, North Sumatra Province, Postal Code 20221. Phone/fax: (061) 661 3365 / +6285278021981.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License