Cover Image

KONSISTENSI LOGO DALAM MEMBANGUN SISTEM IDENTITAS

Fauzan Aulia, Hendra Afriwan, Dini Faisal

Abstract


This study aims to reveal how the importance of consistent logo application in building an identity system. Based on the case studied, it is necessary to study how the solution will be needed so that the identity system is managed properly. So it is expected that there will be a common perception of both internal and external parties of an entity. It is also hoped that a good management of the identity system will create a more positive impression. The target of solving the problem based on these findings is to be able to answer the question of how to create a standard for implementing a logo and how important the role of the logo is as a visual identity. The research method used is research and development with the research subject being the Padang State University logo. The steps taken are as follows: (1) tracking the various logos that appear in their application to various media in the UNP campus environment, (2) measuring the level of understanding of the UNP academic community about the UNP logo, and (3) determining solutions to problems that arise in the form of Padang State University logo guideline design as a standard reference for logo application. The results of this study are in the form of facts in the field about the application of the UNP logo in the UNP campus environment, the level of understanding of the UNP academic community about the UNP logo and products in the form of a Standard Manual Guideline for the application of the UNP logo as a solution to the problems found.

Keywords: consistency, visual identity, logo.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengungkap bagaimana pentingnya konsistensi penerapan logo dalam membangun sebuah sistem identitas. Berdasarkan kasus yang diteliti perlu dikaji bagaimana solusi yang akan diperlukan agar sistem identitas terkelola dengan baik. Sehingga diharapkan terjadi persamaan persepsi baik dari pihak internal maupun ekstenal sebuah entitas. Pengelolaan sistem identitas yang baik juga diharapakan memunculkan kesan yang lebih positif. Target pemecahan masalah berdasarkan hasil temuan tersebut adalah mampu menjawab pertanyaan bagaimana menciptakan sebuah standar penerapan logo serta bagaimana pentingnya peran logo sebagai identitas visual. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development dengan objek penelitian adalah logo Universitas Negeri Padang. Langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut: (1) melacak ragam logo yang muncul dalam penerapannya pada berbagai media di lingkungan kampus UNP, (2) mengukur tingkat pemahaman civitas akademika UNP tetang tentang logo UNP, dan (3) menetapkan solusi dari permasalahan yang muncul berupa rancangan guideline logo Universitas Negeri Padang sebagai acuan standar pengaplikasian logo. Hasil penelitian ini adalah berupa fakta di lapangan tentang penerapan logo UNP di lingkungan kampus UNP, tingkat pemahaman civitas akademika UNP tentang logo UNP dan produk berupa Standart Manual Guideline penerapan logo UNP sebagai solusi dari permasalahan yang ditemukan.

Kata Kunci: konsistensi, identitas visual, logo.

 

Authors:

Fauzan Aulia : Universitas Negeri Padang

Hendra Afriwan : Universitas Negeri Padang 

Dini Faisal : Universitas Negeri Padang

 

References:

Bintarto, J., Jhon, J., & Purba, R. (2016). Kajian Semiotika Pada Logo Sanggar Reog Singo Barong Kabupaten Langkat. PROPORSI: Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif, 2(1), 69 – 77.

Brand UGM. (2021). Mengapa Menggunakan Panduan Ini. https://brand.ugm.ac.id/brand-guideline/ (diakses 30 Desember 2021).

Dewi, T. P. C., Bramantijo, B., & Sutanto, R. P. (2013). Redesain Logo dan Perancangan Corporate Identity Roemah Wangi Salon dan Spa di Malang. Jurnal DKV Adiwarna, 1(2), 11.

Everlin, S., & Erlyana, Y. (2020). Analisis Perubahan Desain Logo Gojek Tahun 2019. DESKOMVIS: Jurnal Ilmiah Desain Komunikasi Visual, Seni Rupa dan Media, 1(1), 72 – 88.

Januariyansah, S. (2018). Analisis Desain Logo Berdasarkan Teori: Efektif Dan Efisien. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Nugraha, A. R. (2016). Representasi corporate identity dalam logo baru pdam kota bandung. Communication, 7(2), 26 – 44.

Rustan, Suriato. (2017). Mendesain Logo. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Rustan, Suriato. (2021). Logo 2021 Buku 1. Jakarta: CV Nulisbuku Jendela Dunia.

Rustan, Suriato. (2021). Logo 2021 Buku 2. Jakarta: CV Nulisbuku Jendela Dunia.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sultanatta, C., & Maryam, S. (2019). Analisis Semiotika Logo Brodo Footweardi Media Sosial Twitter (Studi Analisis Semiotika Roland Barthes). EKSPRESI DAN PERSEPSI: JURNAL ILMU KOMUNIKASI, 1(1).

UI. (2021). Identitas Tentang UI. https://www.ui.ac.id/tentang-ui/identitas.html  (diakses 30 Desember 2021).

UNP. (2021). Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. https://www.unp.ac.id/patch/document/a1f2ad229646b138abb6a7f2c61672cf.pdf (diakses 30 Desember 2021).

Wheeler, A. (2009). Designing Brand Identity: An Essential Guide for the Entrrie Branding Team. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/gr.v10i2.28131

Article Metrics

Abstract view : 1275 times
PDF - 1507 times

Copyright (c) 2021 Fauzan Aulia, Hendra Afriwan, Dini Faisal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Gorga : Jurnal Seni Rupa
Email: gorgajurnalsenirupa@unimed.ac.id

Jl. Willem Iskandar, Pasar V, Medan Estate, Medan City, North Sumatra Province, Postal Code 20221. Phone/fax: (061) 661 3365 / +6285278021981.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License