Cover Image

DESAIN IDENTITAS VISUAL PADA UMKM RUANG KERAMIK STUDIO KOTA METRO LAMPUNG

Muhammad Redintan Justin, Rohiman Rohiman, Abdi Darmawan

Abstract


Studio Muljati Ceramic Room sells various types of local ceramics of good quality. However, Ruang Keramik Studio Mulyojati does not have a brand that can give the impression of a strong character in marketing, and can bring out advantages and differences from its competitors. Therefore, this study intends to increase the selling and introduce to the foreign visitors of the Ceramic Studio Room by providing their own brand. This study used a qualitative method with a brainstorming approach and a communication approach. The data analysis used a mind-mapping data analysis. The initial stages of designing the Ruang Keamik Studio logo were done by making alternative sketches, then digitizing them using appropriate visual elements. The result of this study concluded that the concept in designing the identity of the Ceramic Studio Room was "STUDIO KERAMIC" (taking ceramics) for making and selling various ceramic models. Logos, stationery sets, promotional media, packaging, and uniforms are the media used in designing the visual identity of the ceramic studio space.

Keywords: art, ceramics, identity, visual.

 

Abstrak

Ruang Keramik Studio Muljati menjual berbagai macam jenis keramik lokal dengan kualitas yang tidak kalah dengan kualitas keramik dari luar negeri. Namun, dalam pemasarannya, Ruang Keramik Studio Mulyojati belum memiliki brand yang dapat memberikan kesan karakter yang kuat, serta dapat memunculkan kelebihan dan perbedaan dengan kompetitornya. Oleh karena itu, peneliti bermaksud ingin meningkatkan nilai jual dan mengenalkan ke masyarakat mancanegara mengenai Ruang Keramik Studio dengan memberikan brand tersendiri yang berbeda dengan yang lainnya.  Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan brainstorming dan pendekatan komunikasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data mindmaping. Tahapan awal perancangan logo Ruang Keamik Studio dilakukan dengan pembuatan sketsa alternatif, kemudian proses digitalisasi dengan menggunakan elemen-elemen visual yang sesuai. Hasil yang diproleh dari penelitian ini dapat diambil kesimpulan konsep dalam mendesain identitas Ruang Keramik Studio adalah “STUDIO KERAMIK” (mengambil keramik) yang merupakan tempat pembuatan serta penjualan berbagai model keramik. Logo, stationery set, media promosi, packaging, dan seragam merupakan media yang digunakan dalam mendesain identitas visual ruang studio keramik.

Kata Kunci: seni, keramik, identitas, visual.

 

Authors: 

Muhammad Redintan Justin : Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya

Rohiman : Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya

Abdi Darmawan : Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya

 

References: 

Christine Suharto Cenadi. (1999). Corporate Identity  Sejarah Dan Aplikasinya. Nirmana, 1(2), 71–78. 

Davison, J. (2009). Icon, iconography, iconology: Visual branding, banking and the case of the bowler-hat. Accounting, Auditing and Accountability Journal22(6), 883–906. 

Devi, L. S., Trinawindu, I. B. K., & Dewi, A. K. (2020). Perancangan Corporate Identity Canggu Center Di Kuta Oleh Pt. Domisan Karya Utama. Amarasi: Jurnal Desain Komunikasi Visual, 1(02), 157–177.

Farhana, M. (2012). Brand Elements Lead to Brand Equity: Differentiate or Die. Information Management and Business Review, 4(4), 223–233.

Firmansyah, M. A. (2019). Buku Pemasaran Produk dan Merek. In Buku Pemasaran Produk dan Merek (Issue August, p. 336).

Hidayati, U., Supardi, L., & Indahwati, R. (2019). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Brainstorming Dengan Soal Open-Ended Pada Materi Segi Empat. Sigma, 5(1), 16.

Kirk, L. E. (2013). Visual Branding In Graphic Design. 127. http://aquila.usm.edu/honors_theses.

Kusrianto. (2007). Pengantar Desain Komunikasi Visual. Jakarta: Kencana Press.

Lianasari, D., & Purwanto, E. (2016). Model Bimbingan Kelompok dengan Teknik Brainstorming Untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 5(1), 1–7. 

Listya, A., Junianto, R., & Mirta, M. (2019). Studi Kemiripan Logo Dua Perusahaan: Gtv Dan Google. Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa Dan Desain, 4(1), 33–46. 

Nurabdiansyah, S. (2019). Penciptaan Logotype “Unm” Sebagai Identitas Visual Dalam Rangka Penyusunan Graphic Standard Manual Universitas Negeri Makassar. Universitas Negeri Malang ISoLEC Proceedings, 225–234. 

Nurhadi, Z. F. (2015). Brand Dalam Komunikasi Pemasaran. Komunikasi Volume 1 No.1 April 2015, 1(1), 44–61.

Perry, A., & Wisnom, D. (2003). Before the brand: Creating the unique DNA of an enduring brand identity. McGraw Hill Professional.

Rohiman, R. (2017). Kajian Ikonografi Pada Makam Raja-Raja Mataram Islam Di Kotagede Yogyakarta. Corak, 6(2).

Rustan, S. (2009). Mendesain Logo. PT Gramedia Pustaka Utama.

Tri, D., Graha, R., Waloejo, B. S., & Wicaksono, A. D. (2016). Perencanaan strategis industri kreatif sektor desain grafis kota malang aktor pemerintah dinas perindustrian. Tata Kota Dan Daerah, XVIII(2), 84–85.

Van Den Bosch, A. L. M., De Jong, M. D. T., & Elving, W. J. L. (2006). Managing corporate visual identity: Exploring the differences between manufacturing and service, and profit-making and nonprofit organizations. Journal of Business Communication, 43(2), 138–157. 

Walker, & Piliang. (2010). Desain, Sejarah, Budaya: Sebuah pengantar komprehensif. Jakarta: Jalasutra.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/gr.v11i1.34948

Article Metrics

Abstract view : 546 times
PDF - 544 times

Copyright (c) 2022 Muhammad Redintan Justin, Rohiman Rohiman, Abdi Darmawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Gorga : Jurnal Seni Rupa
Email: gorgajurnalsenirupa@unimed.ac.id

Jl. Willem Iskandar, Pasar V, Medan Estate, Medan City, North Sumatra Province, Postal Code 20221. Phone/fax: (061) 661 3365 / +6285278021981.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License