Cover Image

PEMBINGKAIAN RUANG VISUAL DALAM DESAIN VIDEO MUSIK ANIMASI SABDA ALAM SEBAGAI SENI MENYAMPAIKAN PESAN KAMPANYE

Winny Gunarti Widya Wardani, Syahid Syahid, Taufiq Akbar

Abstract


Animated music video is an audio-visual media design that is presented in an illustrative narrative with song accompaniment. This spectacle has become a model for campaign media design that has appeal, like the animated music video “Sabda Alam” by students of SMK Raden Umar Said Kudus, which won appreciation at the 2021 Balinale International Film Festival. “Sabda Alam” tells the story of the lives of birds endemic typical of Indonesia which is increasingly rare. This media campaign indirectly supports the Ministry of Environment's program to socialize the importance of protecting the rich diversity of wild birds in Indonesia. This spectacle is interesting to study because it conveys a message by relying on the power of images in visual space. This research aims to show the relationship of visual elements in visual space as meaningful entities. The research method is descriptive qualitative with data collection techniques in the form of literature studies, observations, and interviews. While the data analysis technique uses image composition analysis into the rule of three imaginary grids, both vertically and horizontally. The results show that "Sabda Alam" prioritizes visual spatial framing, middle framing and full framing to convey messages about threats to protected wild birds. This research is expected to be a reference for knowledge about the function of images in the framing of visual space that is able to provide information and education, as an art of conveying campaign messages in entertaining and attention-grabbing ways.

 Keywords: visual space, music video, animation.

 

Abstrak

Video musik animasi merupakan bentuk desain media audio visual yang mempresentasikan materi informasi melalui narasi ilustratif dengan iringan lagu. Tontonan ini dapat menjadi model desain media kampanye yang memiliki daya tarik, sebagaimana video musik animasi berjudul “Sabda Alam”  karya para siswa SMK Raden Umar Said Kudus, yang telah berhasil memperoleh apresiasi di  Balinale International Film Festival 2021. Sabda Alam berkisah tentang kehidupan burung-burung endemik khas Indonesia yang semakin langka.  Video musik animasi ini  secara tidak langsung ikut mendukung program Kementrian Lingkungan Hidup untuk mensosialisasikan  pentingnya  perlindungan terhadap keragaman burung liar sebagai kekayaan fauna di Indonesia. Tontonan ini  menarik untuk dikaji karena menyampaikan pesan dengan mengandalkan kekuatan gambar pada ruang visual. Penelitian ini bertujuan menunjukkan relasi unsur-unsur visual di dalam ruang visual sebagai entitas bermakna. Metode penelitian secara kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa studi literatur, observasi, dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis  komposisi gambar ke dalam aturan per tiga grid imajiner, baik secara vertikal maupun horizontal. Hasil penelitian menunjukkan, video musik animasi “Sabda Alam” mengutamakan pembingkaian ruang visual pada framing tengah dan framing penuh untuk menyampaikan pesan tentang ancaman terhadap burung-burung liar yang dilindungi. Penelitian ini diharapkan menjadi referensi pengetahuan tentang fungsi gambar di dalam pembingkaian ruang visual yang mampu memberikan informasi dan edukasi, sebagai seni menyampaikan pesan kampanye dengan cara-cara  menghibur dan menarik perhatian.

Kata Kunci: ruang visual, video musik, animasi.

 

Authors:

Winny Gunarti Widya Wardani : Universitas Indraprasta PGRI

Syahid : Universitas Indraprasta PGRI

Taufiq Akbar : Universitas Indraprasta PGRI

 

References:

Ali, M. M., & Ali, M. A. (2018). Karakterisasi Tokoh Dalam Film Salah Bodi. Gorga: Jurnal Seni Rupa7(1), 15-30.

Aminah, S. (2019). Pengembangan Video Animasi Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kosa Kata Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Skripsi. Universitas Negeri Islam Raden Intan, Lampung.

Block, B. (2013). The Visual Story, Creating The Visual Structure of Film, TV, and Digital Media. Massachusetts: Focal Press.

Deva, S. (2022). Analisis Konflik Tokoh Dalam Film Kukira Kau Rumah Karya Sutradara Umay Shahab. Diploma Thesis. IKIP PGRI: Pontianak.

Fitria, R., Nazar, E., Nelmira, W., & Sahara, N. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Teknik Menjahit Busana pada Mata Kuliah Busana Dasar di IKK FPP UNP. Gorga: Jurnal Seni Rupa8(1), 19-29.

WW, W. G., Piliang, Y. A., & Syarief, A. (2013). Wacana Visual Talk Show ‘ Mata Najwa’: Melihat Bahasa Tubuh Partisipan sebagai Kekuatan Visual. Panggung23(4).

Halawa, W. E., Triyanto, R., Budiwiwaramulja, D., & Azis, A. C. K. (2020). Analisis Gambar Ilustrasi Hombo Batu Nias Gunungsitoli. Gorga: Jurnal Seni Rupa9(1), 193-203.

Hermawan, S. (2022). “Gaya Ilustrasi Dalam Karakter Visual Video Musik Animasi Sabda Alam”. Hasil Wawancara Pribadi: 5 Agustus 2022, SMK RUS, Kudus.

Homan, D. K. (2014). Eksplorasi Visual Diri Dalam Desain Karakter. Humaniora, 5(2), 729-736. https://media.neliti.com/media/publications/167255-ID-eksplorasi-visual-diri-dalam-desain-kara.pdf.

Natadjaja, L. (2006). ANALISIS SUDUT PANDANG KAMERA (Studi kasus: Film Jelangkung dan Film The Ring 1). Nirmana7(2).

Pradesta, E., & Aryanto, H. (2020). Gaya Semirealis Sebagai Inspirasi Perancangan Character Concept Art Game Fantasi Berbasis Legenda Nusantara. BARIK1(3), 167-177.

Pratama, D., Wardani, W. G. W., Sidhartani, S. (2018). Building Natural and Cultural Tourism Entities Through Visual Space of Television Shows: Analysis of “My Trip My Adventure”, WESTECH 2018https://doi.org/10.4108/eai.8-12-2018.2283861.

Rizali, M., Warhat, Z., & Zebua, E. (2019). Pengaruh Elemen-Elemen Desain Komunikasi VISUAL (DKV) Box Art Game terhadap Story Line Berdasarkan Persepsi Gamers pada Video Game Populer di Indonesia. Gorga: Jurnal Seni Rupa8(2), 295-302. https://doi.org/10.24114/gr.v8i2.14700.

Saputro, M. R. D. (2019). Perancangan Video Musik Animasi 2D Pada Lagu Negeri Syam yang Berjudul 5 Dalam 1. Skripsi. Institut Seni Indonesia, Yogyakarta.

Schirato, T.  dan Webb, J. (2004). Reading the Visual. Crows-Nest: Alen & Unwin.

Venus, A. (2019). Manajemen kampanye, panduan teoretis dan praktis dalam mengefektifkan kampanye komunikasi publik. Edisi Revisi, Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Wirandi, R., & BP, M. M. (2019). Fungsi Musik

Dalam Upacara Perayaan Ritual Thaipusam Etnis Hindu Tamil di Banda Aceh. Gorga: Jurnal Seni Rupa10(2), 415-422. https://doi.org/10.24114/gr.v10i2.28379.

Witabora, J. (2012). Peran dan Perkembangan Ilustrasi. Humaniora, 3(2), 659-667. https://doi.org/10.21512/humaniora.v3i2.3410.

Yasa, G. P. P. A. (2022). Estetika Animasi: Konsep dan Gaya Animasi Bul. Viswa Design, 2(1), 60-67. https://media.neliti.com/media/publications/546982-none-695d1ef3.pdf.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/gr.v11i2.39919

Article Metrics

Abstract view : 211 times
PDF - 173 times

Copyright (c) 2022 Winny Gunarti Widya Wardani, Syahid Syahid, Taufiq Akbar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Gorga : Jurnal Seni Rupa
Email: gorgajurnalsenirupa@unimed.ac.id

Jl. Willem Iskandar, Pasar V, Medan Estate, Medan City, North Sumatra Province, Postal Code 20221. Phone/fax: (061) 661 3365 / +6285278021981.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License