TEKNIK PEMOTRETAN MAKRO MENGGUNAKAN EFEK WARNA DENGAN OBJEK SEMUT RANGRANG (Oecophylla smaragdina)

Syafriyandi Syafriyandi, Onggal Sihite

Abstract


Peneliti menciptakan karya fotografi makro yang terinspirasi Warna merah dan kehidupan manusia yang saling tolong-menolong lalu peneliti menerapkannya pada semut Rangrang karena semut Rangrang adalah serangga yang sosial yang kehidupannya selalu tolong-menolong dan bila di kaitkan dalam unsur warna dalam seni rupa, warna semut Rangrang berwarna merah. Di dalam persfektif warna, warna merah menempati warna yang paling di depan. Jadi warna semut Rangrang begitu menonjol dari pada semut-semut lainnya. unsur cahaya dalam seni rupa, Agar objek memiliki gradasi gelap terang yang estetik pencipta menerapkan sumber pencahayaan dari samping dan penambahan efek warna agar objek semut Rangrang estetik.

Penciptaan karya dengan media fotografi dengan teknik fotografi makro. memiliki tujuan untuk menghasilkan karya foto yang berdimensional dan menggunakan efek warna yang membuat objek semut rangrang menjadi estetik. Berikut akan di uraikan dan dijelaskan bagaimana proses pembuatan karya yang diciptakan mulkai dari awal hingga selesai. Karya yang di deskripsikan berjumlah 20 karya.

Teknik fotografi yang digunakan adalah tenik fotografi makro 1:1 dengan menggunakan lensa Canon 100mm f/2,8 L macro IS USM dan teknik pencahayan menggunakan teknik Side lighting atau pencahayaan dari samping yang membuat objek berdimensional. Serta menggunakan efek warna yang dihasilkan plastik warna yang ditempelkan dari sumber cahaya external menggunaka Flash external. Warna-warna yang digunakan adalah warna yang tergolong warna komplementer serta warna-warna yang Analogus.

Kata Kunci: Teknik fotografi Makro, Efek Warna, Semut Rangrang (Oecophylla Smaragdina).




DOI: https://doi.org/10.24114/gr.v5i1.4073

Article Metrics

Abstract view : 370 times


Copyright (c) 1970 Syafriyandi Syafriyandi, Onggal Sihite

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Gorga : Jurnal Seni Rupa
Email: gorgajurnalsenirupa@unimed.ac.id

Jl. Willem Iskandar, Pasar V, Medan Estate, Medan City, North Sumatra Province, Postal Code 20221. Phone/fax: (061) 661 3365 / +6285278021981.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License