ANALISIS PENERAPAN ORNAMEN MELAYU BELITUNG PADA BANGUNAN RUMAH ADAT BELITUNG DITINJAU DARI SEGI BENTUK, WARNA DAN ESTETIKADI KEC. TANJUNG PANDAN KAB. BELITUNG

Parulian Manurung, Chairani Chairani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui macam–macam bentuk,warna ornamen Melayu Belitung yang diterapkan pada bangunan rumah adat Belitung, dan juga estetika yang terkandung dalam ornamen Melayu Belitung tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi kualitatif yang populasinya sebanyak 14 ornamen. Sampel yang diambil dengan tehnik total sampling, yaitu seluruh populasi dijadikan sampel yang terdapat pada bangunan rumah adat Belitung yang terdiri dari 14 ornamen Melayu Belitung. Penelitian dimulai dari bulan Mei sampai dengan Juli, dan dimulai dari observasi, wawancara, dokumentasi, pengelolaan data, analisis data sampai pembuatan draf skripsi. Setelah diadakan observasi,dokumentasi, dan wawancara lalu data dianalisis dan dikelompokkan sesuai bentuk, warna, dan estetikanya dengan menggunakan tabel. Berdasarkan hasil analisis data maka ditemukan tiga jenis ornament Melayu Belitung yang tidak ada pada ornamen Melayu yang ada pada sumber buku pustaka, yaitu ornamen berlian. Ornamen kembang banji dan ornament pucuk rebung.

 

Kata kunci : Analisis, Ornamen, Warna, dan Estetika.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/gr.v5i2.6173

Article Metrics

Abstract view : 388 times
PDF - 2 times

Copyright (c) 2016 Parulian Manurung, Chairani Chairani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Gorga : Jurnal Seni Rupa
Email: gorgajurnalsenirupa@unimed.ac.id

Jl. Willem Iskandar, Pasar V, Medan Estate, Medan City, North Sumatra Province, Postal Code 20221. Phone/fax: (061) 661 3365 / +6285278021981.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License