Analisis Lagu Mudiak Arau Dalam Pertunjukan Talempong Pacik Ikua Parik Kanagarian Limbanang

Try Wahyu Purnomo, Sri Mustika Aulia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan hasil penelitian mengenai analisis teks dan konteks dari lagu Mudiak Arau Dalam Pertujukan Talempong Pacik Ikua Parik Kanagarian Limbanang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode content analysis (analisis konten) yang bersifat desskriptif. Analisis secara tekstual dilakukan dengan membahas penggunaan ritme, melodi, serta sistem penulisan notasi lagu Mudiak Arau yang disajikan dalam pertunjukan Talempong Pacik Ikua Parik. Selanjutnya analisis kontekstual dilakukan dengan cara mendeskripsikan struktur pertunjukan, filosofi alam sebagai landasan musikal, dan juga teknik memainkan teknik yang digunakan dalam memainkan lagu tersebut pada pertunjukan Talempong Pacik Ikua Parik. Berdasarkan hasil analisis tersebut maka dapat dilihat secara khusus mengenai ciri khas dan karakteristik pada lagu Mudiak Arau yang dimainkan pada pertunjukan Talempong Pacik Ikua Parik di Kanagarian Limbanang.


Keywords


Talempong Pacik, Lagu Mudiak Arau, Tradisional Minangkabau

Full Text:

PDF

References


Budhidharma, P. (2001). Seri Pustaka Musik Farabi, Buku Kerja Teori Musik : Sebagai Pengantar Komposisi dan Aransemen. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Gramedia.

Fulzy, N. (2011). Estetika Musik Talempong Lagu Dendang di Nagari Limbanang. Ekspresi Seni, 13(2), 184-190.

Kuswara, A. B., Yensharti, & Toruan, J. L. (2013). Studi Deskriptif Non Harmonic Tones Pada Lagu Anak-anak Karya A.T. Mahmud. Jurnal Sendratasik, 2(1).

Moleong, L. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Rosdakarya.

Muttaqin, M. (2008). Seni Musik Klasik. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuran, Departemen Pendidikan Nasional.

Purnomo, T. W. (2017). Studi Deskriptif Teks dan Konteks Musik Tradisional Irish Uilleann Pipes pada Lagu The Gender in The Pratie Hole. Gondang: Jurnal Seni dan Budaya, 1(2), 49-62.

Sukerta, P. M. (2011). Metode Penyusunan Karya Musik (Sebuah Alternatif). Surakarta: ISI Press Solo.




DOI: https://doi.org/10.24114/grenek.v10i1.24891

Article Metrics

Abstract view : 443 times
PDF - 792 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Try Wahyu Purnomo, Sri Mustika Aulia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.