Pemetaan Teknik Double-Stops Pada Violin Concerto No. 2 Anatoly Komarowsky

Daniel de Fretes, Puput Pramuditya, Farel Jonggi Lundito, Maria Regina Murti Kusumaningrum

Abstract


Pembelajaran biola pada tingkat menengah mencakup berbagai teknik yang spesifik dalam rangka pembentukan intonasi yang baik, diantaranya adalah double-stops. Double-stops adalah teknik permainan violin pada tingkat menengah yang terdapat pada repertoar di berbagai gaya ataupun periode dalam kultur musik barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi teknik double-stop dalam Violin Concerto No. 2 karya Anatoly Komarowsky pada Violin Menengah I di Jurusan Musik FSP ISI Yogyakarta. Penulis menyoroti kelangkaan kajian repertoar musik violin pada tingkat menengah, terkhusus karya Komarowsky. Komarowsky adalah komposer musik violin asal Russia pada periode modern. Violin Concerto No.2 mengandung idiom, variasi teknis, dan interpretasi yang melekat pada periode modern khas Eropa Timur. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analitik secara musikologis. Hasil penelitian menunjukkan pemetaan teknik double-stops beserta penempatannya, baik pada notasi yang tertulis apa adanya maupun notasi yang tidak tertulis. Hasil penelitian diharapkan dapat menjadi rujukan bagi violinis pada tingkat menengah untuk mempelajari karya ini, terlebih lagi untuk dapat mengembangkan kemampuan teknis pada repertoar lainnya.


Keywords


double-stops, violin, Violin Concerto No 2

Full Text:

PDF

References


Adzkia, S. F. (2021). YouTube sebagai Media Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Konteks Hasil Pembelajaran Praktik Instrumen Violin Prodi Pendidikan Musik Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Journal of Music Science, Technology, and Industry, 4(1), 163–177.

Galamian, I., & Thomas, S. (2013). Principles of violin playing and teaching. Courier Corporation.

Indrawan, A. (2018). Musikologi Indonesia. BP ISI Yogyakarta.

Komarovsky, A. (2001). Komarowski: Violin Concerto No. 1 in A Major. Peters Edition.

Lamb, N. (1990). Guide To Teaching Strings (Fifth Edit). Wm. C. Brown Publishers.

Mack, D. (1995). Sejarah Musik Jilid 3 (I). Pusat Musik Liturgi.

Monsaingeon, B. (2000). The Art of Violin: The Devil’s Instrument. Susana Scott - Ideale Audience.

Nelson, S. M. (2003). The violin and viola: history, structure, techniques. Courier Corporation.

Siburian, E. (1994). Teknik Biola Pada Masa Barok Dengan Perhatian Khsusus Pada Tiga Sonata dan Tiga Partita Tanpa Iringan Karya J.S. Bach. Universitas HKBP Nommensen Medan.

Stein, L. (1962). Structure and style: the study and analysis of musical forms. Summy-Birchard Company.

Sukmadinata, N. S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. In Bandung: Remaja Rosda Karya. PT Remaja Rosdakarya.

Van Ness, E. C. (2017). Performance as a Research Instrument: An Example from the Western European Baroque. PROMUSIKA: Jurnal Pengkajian, Penyajian, Dan Penciptaan Musik, 5(2), 68–76.

Violin Sylabus 2013 Edition. (2013). The Royal Conservatory.

Watanabe, R. T. (1967). Introduction To Music Research. Prentice-Hall, Inc.

Wirakesuma, T. (2012, June). Double Stops, Double Trouble (Part I). Staccato, 52.

Комаровский Анатолий Сергеевич - Биография. (n.d.). Retrieved May 24, 2021, from http://www.biografija.ru/biography/komarovskij-anatolij-sergeevich.htm




DOI: https://doi.org/10.24114/grenek.v10i2.29009

Article Metrics

Abstract view : 443 times
PDF - 298 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Daniel de Fretes, Puput Pramuditya, Farel Jonggi Lundito, Maria Regina Murti Kusumaningrum

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.