Kajian Analisis Etude Biola: “Franz Wohlfahrt Easiest Elementary Method for Beginners Op.38”
Abstract
Etude merupakan sebuah hal yang harus dipelajari dan bersifat fundamental dalam pembelajaran instrumen musik khususnya pembelajaran instrumen biola. “Franz Wohlfahrt Easiest Elementary Method for Beginners Op.38” ialah salah satu dari sekian banyak etude yang memiliki berisikan berbagai teknik permainan biola dan uniknya dimainkan secara duet. Tentunya akan memberikan nilai lebih dari permainan secara duet tersebut dalam pembelajaran antara guru dan siswa. Tujuan dari artikel ini ialah mengkaji teknik permainan biola dan kompetensi dasar yang terdapat pada etude “Franz Wohlfahrt Easiest Elementary Method for Beginners Op.38”. Metode yang digunakan ialah metode deskriptif analitis yaitu memberikan sebuah gambaran secara deskripsi terhadap objek yang dikaji oleh peneliti melalui data yang dikumpulkan dan sudah dianalisis. Etude ini memberikan sebuah pembelajaran biola dengan permainan duet didalamnya sehingga dapat memberikan berbagai kebermanfaatan secara teknik permainan biola maupun manfaat kontekstual.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Apel, W. (1974). Harvard Dictionary of Music. Massachusetts: The Belknap Press of Harvard University Press.
Aulia, M. H. (2021). Aspek Dominasi dan Negosiasi dalam Kolaborasi Interpretasi Musikal Duet Gitar Lifa dan Gabby. Deskovi : Art and Design Journal, IV(1), 17-22.
Bernadetta, A. N. (2018). Implementasi Metode Suzuki dalam Pembelajaran Biola Tingkat Dasar di Era Musika Medan. Grenek Jurnal Seni Musik, 1-10.
Cody, N. E. (2015). A Technical Method for the High School String Classroom: Priorities and Presentation of Essential Skills. Iowa: University of Northen Iowa Thesis.
Chanmi, S. (2016). Penerapan Bahan Ajar Scale Training Berdasarkan Konsep Perpetual Canon dan Varioation di AVC Bandung. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia Thesis.
Erwin, J. (2002). "We Don't Teach. We Help People Learn.". American String Teachers Association, LII(3), 50-55.
Jacklin, B. (2021). Consordini. Retrieved from Consordini: https://consordini.com/most-difficult-instruments-to-learn/
Latten, J. E. (2001). Chamber Music for Every Instrumentalist. Music Education Journal, LXXXVII(5), 45-53.
Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Nasullah, & Amalia, D. A. (2020). Analisis Bahan Ajar. Nusantara : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, II(2), 311-327.
Mamedova, N. (2020). Memory and The Violin Playing. Turku: Turku University of Applied Sciences Thesis.
Paillan, C. (2021). The Pedagogical Benefits of Playing Violin Duets: A Historygraphy, Pedagogical Discussion, And Annotated Repertoire List. Alabama: The University of Alabama Disertation.
Prastowo, A. (2015). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif : menciptakan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan . Yogyakarta: Diva Press.
Presler, A. (2019). Teaching Pure Mad Joy : Duet Resources for Violin Teachers and Students. American String Teacher, LXIX(4), 15-19.
Rhoades, A. (1991). Three-Year Curriculum for an Intermediate Violin Student. American String Teacher, XLIX(1), 73-76.
Rupiyono, L. A. (2011). Pengembangan Bahan Ajar Biola Tingkat Dasar: Aplikasi metode suzuki media lagu anak indonesia. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia Thesis.
Rupiyono, L. A. (2020). Prestude Lahap: An Alternative of Violin Effective Learning. Jurnal Seni Musik, IX(1), 21-27.
Sevcik, O. (1895). Changes of Position and Preparatory Scale Studies Op.8. New York: G. Schirmer.
Sinaga, S. L. (2012). Pembelajaran Praktik Biola Melalui Tiga Buku Karya C.Paul Harfurth, Suzuki, dan ABRSM pada Tingkatan Pradasar dan Dasar 1 di Chandra Kusuma School : Kajian Terhadap Kelebihan, Kelemahan, dan Solusi. Medan: Thesis Universitas Sumatera Utara.
Soeharto, M. (1992). Kamus Musik. Jakarta: PT Grasindo.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualittatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wetzel, P. A. (2007). The Pedagogical Benefits of Duet Playing : A Vannetelbosch Companion. Ohio: The Ohio State University Thesis.
Yensharti, & Mona, D. (2021). Pembelajaran Awal Praktek Instrumen Biola di Prodi Pendidikan Musik Jurusan Sendratasik Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang. Grenek Jurnal Seni Musik, 60-70.
DOI: https://doi.org/10.24114/grenek.v11i1.31028
Article Metrics
Abstract view : 366 timesPDF - 355 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Urfan Saniylabdhawega Ridhwan, Yudi Sukmayadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.