Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Musik dan Personal Branding Penyanyi Vionita Sihombing
Abstract
Perkembangan media sosial memberikan beberapa manfaat dalam industri musik. Adapun media sosial dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan karya musik dan membangun personal branding. Salah satu musisi yang memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi lagu dan personal branding adalah Vionita Sihombing. Vionita Sihombing merupakan penyanyi wanita yang memulai karirnya setelah berhasil menjuarai ajang The Voice Indonesia 2019. Vionita aktif memanfaatkan media sosialnya untuk mempromosikan lagu-lagunya dan juga dalam membangun personal branding. Untuk mengetahui bagaimana cara Vionita Sihombing memanfaatkan media sosial dalam promosi musik, maka peneliti menggunakan teori media sosial dan pendekatan media sebagai industri budaya dari Miege, 1989 guna menganalisis bagaimana kreativitas produk (musik) dipasarkan. Peneliti juga menggunakan konsep personal branding dari Montoya, 2008 yaitu : You, Promise dan Relationship. Penelitian dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara langsung kepada Vionita Sihombing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Vionita Sihombing memanfaatkan fitur-fitur pada media sosial Youtube¸Instagram dan Tiktok untuk mempromosikan karya musiknya. Aktivitas personal branding melalui media sosial dalam konteks You: ditunjukkan Vionita dengan cara mendefenisikan dirinya sebagai seorang penyanyi profesional jebolan The Voice Indonesia yang aktif berkarya dan populer melalui lagu-lagunya. Promise: dalam konteks ini Vionita bertanggung jawab atas profesinya sebagai penyanyi dengan aktif merespon permintaan penggemarnya melalui karya dan aktivitas bermusiknya. Relationship : dalam konteks ini Vionita memiliki relasi yang luas dengan musisi dan artis terkenal serta mampu mempengaruhi para penggemarnya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ardiansah, I., & Maharani, A. (2021). Optimalisasi Instagram Sebagai Media Marketing: Potret Penggunaan Instagram sebagai Media Pemasaran Online pada Industri UKM. CV. Cendekia Press.
Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2016). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. Sage publications.
Dewatara, G. W., & Agustin, S. M. (2019). Pemasaran Musik pada Era Digital Digitalisasi Industri Musik dalam Industri 4.0 di Indonesia. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 18(1), 1-10.
Fitriyani, L. R. (2019, March). Strategi Personal Branding Penyanyi Tulus dalam Mempertahankan Eksistensi. Jurnal In Conference On Communication and News Media Studies (Vol. 1, pp. 271-271)
Gross, E. C. (2022). The Artists in the Branded World. A Theoretical Approach to Artist Personal Branding. Journal of Media Research, 15(2).
Hasiholan, T. P., Pratami, R., & Wahid, U. (2020). Pemanfaatan media sosial tiktok sebagai media kampanye gerakan cuci tangan di indonesia untuk mencegah covid-19. Communiverse: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 70-80.
Howard, P. N., & Parks, M. R. (2012). Social media and political change: Capacity, constraint, and consequence. Journal of Communication, 62, 359–362. doi:10.1111/j.14602466.2012.01626.x
https://www.kompas.com/tren/read/2021/06/24/073100065/mengenal-apa-itu-instagram (Artikel Online ) diakses pada 06 Oktober 2022 pukul : 16.30 WIB https://influencer101.id/highlight-instagram/ (Artikel online ) diakses pada 06 Oktober 2022 pukul : 16.30 WIB
https://dotnextdigital.com/fitur-fitur-instagram-story/ (Artikel online ) diakses pada 06 Oktober 2022 pukul : 16.30 WIB
Kelli S. Burns. (2017). Social Media: A Reference Handbook : A Reference Handbook. ABC- CLIO. Kwahk, K. -Y. & X. Ge, "The Effects of Social Media on E-Commerce: A Perspective of Social Impact Theory," 2012 45th Hawaii International Conference on System Sciences, 2012, pp. 1814-1823, doi: 10.1109/HICSS.2012.564
Meier, L. M. (2017). Popular music as promotion: Music and branding in the digital age. John Wiley & Sons.
Montoya, P., & Vandehey, T. (2008). The brand called you: Make your business stand out in a crowded marketplace. McGraw Hill Professional.
Muhammad, Y. R., & Rachman, A. (2020). Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Karya Musik Di Era Industri 4.0 (Studi Kasus Pada Band Sendau Gurau Di Semarang). Musikolastika: Jurnal Pertunjukan dan Pendidikan Musik, 2(1), 23-30.
Pawar, A. (2016). The power of personal branding. International Journal of Engineering and Management Research, 6(2), 840-847.
Priansa, Doni Juni (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Era Media. Sosial. Bandung: CV Pustaka Setia. Eilean Hooper-Greenhil, 2000.
Rahardaya, A., & irwansyah, irwansyah. (2021). Studi Literatur Penggunaan Media Sosial Tiktok Sebagai Sarana Literasi Digital Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(2), 308-319. https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i2.248
Rampersad, H. K. (2008). A new blueprint for powerful and authentic personal branding. Performance Improvement, 47(6), 34-37.
Ratnasari, D. (2021). Strategi Personal Branding Komposer Musik di Media Sosial (Studi Kasus Personal Branding Alffy Rev di Instagram). Besaung: Jurnal Seni Desain dan Budaya, 6(2).
Septiyan, D. D. (2021). Strategi Personal Branding Musisi Pop Jawa Melalui Media Sosial. https://eprints.untirta.ac.id/5911/ (Artikel Online)
Telaumbanua, L. I., Goenawan, F., & Yogatama, A. (2020). Efektivitas Media Sosial Instagram Kedai Rhythm Surabaya. Jurnal e-Komunikasi, 8(2).
Zhang Xing, L. M. (2019). How social media usage affects employees’ job satisfaction and turnover intention: An empirical study in China. Journal Information & Management, volume 56, issue 6 , 103-136.
DOI: https://doi.org/10.24114/grenek.v11i2.39258
Article Metrics
Abstract view : 1528 timesPDF - 887 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Zul Hazmi Harahap
![Creative Commons License](http://licensebuttons.net/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
![Creative Commons License](https://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.