Efektivitas Terapi Musik Klasik Terhadap Penurunan Tingkat Kecemasan pada Anak Sekolah
Abstract
Kecemasan merupakan kondisi umum yang sering terjadi pada kondisi sosial. Cemas pada anak muncul karena disebabkan oleh adanya tekanan atau gangguan yang tidak menyenangkan. Tujuan dari Penelitian ini ialah untuk mengetahui efektivitas dari terapi musik klasik terhadap perubahan kecemasan pada anak. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Desain penelitian ini adalah Pra-Eksperimental dengan menggunakan pendekatan metode One Group pre-post test design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 15 siswa. Pengumpulan data menggunakan kuesioner serta menggunakan uji statistik Paired Sample t Test yang dibantu oleh SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat stress sebelum dilakukan terapi musik klasik rata-rata termasuk ke dalam kategori kecemasan sedang yaitu 66.47. Setelah dilakukan terapi musik klasik rata-rata tingkat kecemasan mengalami penurunan menjadi 59.60. Berdasarkan dari hasil uji Paired Sample t Test menunjukkan bahwa nilai p value 0.000 < α 0.05 sehingga Ha diterima. Kesimpulannya terdapat pengaruh dari pemberian terapi musik klasik terhadap perubahan tingkat kecemasan pada anak sekolah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Damanik, Sri Melfa & Sitorus, Erita. (2019). Buku Materi Pembelajaran KeperawatanAnak. Jakarta: Universitas Kristen Indonesia
Djohan. (2020). Psikologi Musik. Yogyakarta: Best Publisher.
Eisenberg, N., Spinrad, T. L., & Eggum, N. D. (2010). Emotion-related self-regulation and its relation to children's maladjustment. Annual review of clinical psychology, 6(1), 495-525. doi: https://doi.org/10.1146%2Fannurev.clinpsy.121208.13120
Hidayatullah, Riyan & Hasymkan. (2016). Dasar-Dasar Musik. Yogyakarta : Arttex
Hirza, Herna. (2020). Therapeutic Music Creation Based on Soundscape of North Sumatra as a Media for Relaxation amid the Covid-19 Pandemic. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 3(4), 2731-2742. doi : https://doi.org./10.33258/birci.v3i4.1283
Kazemi, S., Ghazimoghaddam, K., Besharat, S., & Kashani, L. (2012). Music and anxiety in hospitalized children. Journal of Clinical and Diagnostic Research, 6(1), 94-96. doi: http://www.scopus.com/inward/record.url?eid=2-
Santrock, John. (2012). Perkembangan Masa Hidup. Bandung: Erlangga.
Simamora, M., Gulo, A. R. B., Pardede, J. A., & Putri, R. A. (2022). Terapi Bermain Lilin dan Musik terhadap Kecemasan Anak Akibat Hospitalisasi. Jurnal Keperawatan Jiwa, 10(1), 211-218. https://doi.org/10.26714/jkj.10.1.2022.211-218
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung : Alfabeta
Suroso, Panji. (2022). Pembelajaran Seni Budaya Dengan Menggunakan Media Virtual Reality (Vr) Pada Tingkat Satuan Sma Berbasis Local Wisdom Sumatera Utara. Gondang: Jurnal Seni Dan Budaya, 6(1), 182. doi: https://doi.org/10.24114/gondang.v6i1.35852
Taylor, Shelley E. (2018). Health Psychology. New York : Mc Graw-Hill Education.
Widiastuti, Uyuni. (2020). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Kecerdasan Musikal Terhadap Hasil Belajar Harmoni I dengan Mengontrol Pengetahuan Awal Mahasiswa Program Studi Pendidikan Musik Unimed. (Doctoral Thesis, Universitas Negeri Medan). https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40323/
DOI: https://doi.org/10.24114/grenek.v13i2.58013
Article Metrics
Abstract view : 27 timesPDF - 21 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Epanggelia Loina Sitepu, Herna Hirza
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.