MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI POKOK GAYA MAGNET DI KELAS V SD

NURLIA GINTING

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat belajar siswa melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together. Penelitian ini dilakukan dan disebabkan karena rendahnya minat belajar IPA dalam pembelajaran gaya magnet, model pembelajaran yang kurang bervariatif, teknik pembelajaran IPA yang selama ini kurang melibatkan siswa secara aktif terutama dalam pembelajaran gaya magnet. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 024766 Binjai pada semester genap tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 30 orang.Hasil observasi guru yang diamati selama pembelajaran mengenai peningkatan yang signifikan.Peningkatan ini dapat dilihat dari hasil angket minat belajar siswa disiklus I memperoleh rata-rata sebesar 69 terjadi peningkatan minat belajar siswa sebesar 57% dan siklus II memperoleh rata-rata sebesar 91 terjadi peningkatan minat belajar siswa sebesar 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil observasi guru dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together. Pada Siklus II observasi peneliti telah mengalami perubahan dan mencapai taraf persentase yang tinggi. Berdasarkan hasil ini bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together, sehingga minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi pokok gaya magnet di kelas V SD Negeri 024766 Binjai meningkat dan berhasil.

Kata Kunci : Minat belajar, Model Kooperatif tipe NHT dan IPA


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jh.v1i1.1257

Article Metrics

Abstract view : 1770 times
PDF - 4626 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2014 NURLIA GINTING

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.