MEMBANGUN REVOLUSI BERPIKIR MAHASISWA PLS MELALUI PENDEKATAN HEUTAGOGI
DOI:
https://doi.org/10.24114/jh.v4i1.2834Abstract
ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan kelompok pretest-posttest control. Tujuan penelitian: untuk mendeskripsikan revolusi berpikir mahasiswa dengan pendekatan heutagogi, konvensional dan mendeskripsikan perbedaan revolusi berpikir dengan kedua pendekatan tersebut. Berdasarkan hasil uji t pada pre-test diketahui bahwa nilai rata-rata yang diperoleh mahasiswa pada kelompok eksperiman yaitu 78,53, yang berarti lebih tinggi daripada nilai rata-rata pada kelompok kontrol yaitu 71,83. Pada uji t didapatkan nilai tHitung = -3,880; sedangkan tTabel, yaitu tdf=29; âˆ=0,05 = 2,045. Hal ini berarti bahwa tHitung < tdf=29; âˆ=0,05. Maka pada pre-test nilai rata-rata tidak berbeda nyata. Pada post test, nilai rata-rata mahasiswa pada kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata mahasiswa pada kelompok kontrol. Pada uji t didapatkan nilai statistik tHitung = -7,319; sedangkan tTabel, yaitu tdf=29; âˆ=0,05 = 2,045; yang berarti bahwa tHitung > tdf=29; âˆ=0,05. Maka, kedua nilai rata-rata tersebut berbeda nyata. Berdasarkan uji statistik diketahui: (1) hasil belajar pendekatan secara signifikan lebih tinggi; (2) terjadi peningkatan kemampuan berpikir mahasiswa yang dapat dilihat dari hasil belajar dan nilai rata-rata pada kelompok mahasiswa. Kata Kunci : Revolusi Berpikir, Heutagogi, KonvensionalDownloads
Published
2015-12-20
How to Cite
Mariah H, S. (2015). MEMBANGUN REVOLUSI BERPIKIR MAHASISWA PLS MELALUI PENDEKATAN HEUTAGOGI. JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED, 4(1). https://doi.org/10.24114/jh.v4i1.2834
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2015 Silvia Mariah H

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors published with the Handayani PGSD FIP UNIMED Journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)