PENDEKATAN TEORI DRAMATURGI DALAM KOMUNIKASI GURU BIMBINGAN KONSELING DI SMPN 1 BATANGKUIS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi guru Bimbingan Konseling yang terjadi pada wilayah depan, dan wilayah belakang yang didasarkan pada Teori Dramaturgi karya Erving Goffman. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisi data dilakukan dengan mengklasifikasikan, membuat kategorisasi/temaisasi dan mendeskripsikan kategori atau tema temuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada wilayah depan para guru BK membuat kesan sebagai sosok yang memberikan arahan, panduan, dorongan dan pertimbangan, agar siswa mampu mengelola, dan mewujudkan harapan-harapannya secara mandiri dan berkembang secara optimal, sedangkan pada wilayah belakang guru BK berupaya berperan sebagai sosok teman, sahabat, dan mitra profesi yang baik.
Kata Kunci : Komunikasi, Guru Bimbingan Konseling, Fenomenologi, dan
Dramaturgi
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jh.v4i1.2835
Article Metrics
Abstract view : 1476 timesPDF - 720 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Hari Indrawan Siregar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.