RESPON MASYARAKAT TERHADAP PEMBELAJARAN DARING DI DESA HASANG KEC. KUALUH SELATAN KAB. LABUHANBATU UTARA

Juniar Pardosi, Elizon Nainggolan

Abstract


Abstrak: Respon, Masyarakat. Penelitian Deskriptif Kuantitatif di Desa Hasang. Penelitian ini di latar belakangi oleh banyak keluh kesah yang dirasakan oleh masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana respon masyarakat terhadap pembelajaran daring di Desa Hasang Kec. Kualuh Selatan Kab. Labuhanbatu Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat sebanyak 100 orang. untuk menentukan Sample penelitian ini dengan cara tekhnik quota sampling, sehingga diperoleh sebanyak 30 orang tua. Tekhnik pengumpulan data menggunakan angket skala liket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data Respon Masyarakat di Desa Hasang Kec. Kualuh Selatan Kab. Labuhanbatu Utara memiliki kategori “Cukup” dengan rata-rata skor yang diperoleh adalah 2,30. Hasil dari respons kognitif, afektif dan konasi, dimana pada respons kognitif ada 48,14%, respons afaktif 53,80% Respon Konasi 51, 85%. Kesimpulan dari respon masyarakat terhadap pembelajaran daring cukup di respon di masyarakat Desa Hasang Kec Kualuh Selatan Kab. LabuhanBatu Utara, Saran Dilihat dari penelitian ini agar pihak kepala desa dan pemerintah Kab. LabuhanBatu utara agar memperhatikan siswa yang tidak memiliki gudget dan memberikan kuota kepada siswa yang belajar daring.

 

Kata Kunci : Respon, Masyarakat, Pembelajaran Daring

 

Abstract:Response, society. Quantitative descriptive research in hasang village. This research is based on the many complaints felt b the community. This research aims to find out how the community responds to online learning in the village of hasang Sub District. Kualuh Selatan District. Labuhanbatu Utara. The method used in this research is descriptive quantitative. The population in this study is a community off 100 people. To determine the sample of this study by means of quota sampling tecnique, so as many as 30 parents.data collection techniques using a likert scala questionnaire and documentation. Based on the results of the analysis of community response data in hasang village, south kuala subdistrict, North Labuhanbatu Regency has a “sufficient” category with the average score obtained is 2.30. the results of cognitive responses, where the cognitive response was 48.14%, affactive response was 53,80%, the conation response was 51,85%. The conclusion of the community response to online learning is enough to respond to the community of hasang village, Nort labuhanbatu regency, suggestion are seen from this study so that the village head and the North Labuhanbatu district government pay attention to students who do not have gudget and provide quotas to students who learn online.

 

Keywords : Response, Community, Online Learning


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jh.v12i2.34189

Article Metrics

Abstract view : 97 times
PDF - 71 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Juniar Pardosi, Elizon Nainggolan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.