PENINGKATAN KUALITAS PERKULIAHAN BLENDED LEARNING MELALUI PENERAPAN MODEL TEAM BASED PROJECT DI PGSD FIP UNIMED

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Elvi Mailani
Apiek Gandamana
Nurhudayah Manjani

Abstract

Penelitian ini mengevaluasi efektivitas model Team-Based Project dalam pembelajaran blended di PGSD FIP UNIMED. Mengatasi tantangan yang ada”dimana dosen fokus pada perubahan perilaku, sejalan dengan KPI untuk Pendidikan Tinggi, dan penggunaan pembelajaran blended sejak 2020”penelitian ini mengadopsi desain kuantitatif, eksperimental semu. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas pengajaran pasca pandemi agar sejalan dengan CPL dan CPMK. Outputnya mencakup buku dengan ISBN, prosiding internasional, publikasi jurnal SINTA, dan dokumen Hak Kekayaan Intelektual. Dengan meningkatkan pengajaran pasca pandemi, penelitian ini memberikan manfaat bagi dosen dan mahasiswa, berusaha mencapai hasil pendidikan yang lebih baik.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biographies

Elvi Mailani, Universitas Negeri Medan

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Apiek Gandamana, Universitas Negeri Medan

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Nurhudayah Manjani, Universitas Negeri Medan

Pendidikan Guru Sekolah Dasar
How to Cite
Mailani, E., Gandamana, A., & Manjani, N. (2023). PENINGKATAN KUALITAS PERKULIAHAN BLENDED LEARNING MELALUI PENERAPAN MODEL TEAM BASED PROJECT DI PGSD FIP UNIMED. JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED, 14(2), 85–92. https://doi.org/10.24114/jh.v14i2.54466

References

  1. Fenton, D. & Watkins, B. W. (2010). Fluency in Distance Learning. Charlotte, New Castle: Information Age Publishing, Inc.
  2. Graham, C. R. (2006). Blended Learning Systems: Definition, Current Trends, and Future Directions. San Fransisco: Pfeiffer Publihing, 3-21.
  3. Graham, P.T, & Cline, P.C. (1980). The Case Method: A Basic Teaching Approach, Theory Into Practice, 19:2, 112-116. DOI: 10.1080/00405848009542883
  4. Heinze, A. (2008). Blended Learning: An Interpretive Action Research Study. Journal of Information Technology Education, 5, 236.
  5. Koohang, A., Riley, L., Smith, T. & Schreurs, J. (2009). E-Learning and Constructivism: From Theory to Application. Interdisciplinary Jurnal of E-Learning and Learning Objects, 5(1), 91-109.
  6. Informing Science Institute. Retrieved January 23, 2023 from https://www.learntechlib.org/p/44824/
  7. Liu, T.C. 2017. Teaching In A Wireless Learning Environment: A Case Study. Jurnal Educational Technology & Society. 10(1), 107-123. Jung-li: National Central University
  8. Nurman, Ali., et al. (2022). Analisis Penerapan Team Based Project Dalam Kebijakan Jurusan di Universitas Negeri Medan. PUBLIKAUMA: Jurnal Ilmu Administrasi Publik UMA, 10(2), 137-143. https://doi.org/10.31289/publika.v10i2.8348
  9. Nursulistyo, E. D., Siswandari, S., & Jaryanto, J. (2021). Model Team-Based Learning dan Model Problem-Based Learning Secara Daring Berpengaruh terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Mimbar Ilmu, 26(1), 128. https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.32321
  10. Riyaningrum, W., Isnaeni, N., Rosa, E. M. (2021). Pentingnya Team Based Learning (Tbl) Pada Mahasiswa Keperawatan Untuk Meningkatkan Kerjasama Tim: a Literature Review. Nursing Science Journal (NSJ), 2(1), 17“26. https://doi.org/10.53510/nsj.v2i1.51