PENINGKATAN KUALITAS PERKULIAHAN BLENDED LEARNING MELALUI PENERAPAN MODEL TEAM BASED PROJECT DI PGSD FIP UNIMED

Elvi Mailani, Apiek Gandamana, Nurhudayah Manjani

Abstract


Penelitian ini mengevaluasi efektivitas model Team-Based Project dalam pembelajaran blended di PGSD FIP UNIMED. Mengatasi tantangan yang ada—dimana dosen fokus pada perubahan perilaku, sejalan dengan KPI untuk Pendidikan Tinggi, dan penggunaan pembelajaran blended sejak 2020—penelitian ini mengadopsi desain kuantitatif, eksperimental semu. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas pengajaran pasca pandemi agar sejalan dengan CPL dan CPMK. Outputnya mencakup buku dengan ISBN, prosiding internasional, publikasi jurnal SINTA, dan dokumen Hak Kekayaan Intelektual. Dengan meningkatkan pengajaran pasca pandemi, penelitian ini memberikan manfaat bagi dosen dan mahasiswa, berusaha mencapai hasil pendidikan yang lebih baik.


Keywords


Kualitas Pembelajaran; Blended Learning; Model Team Based Project

Full Text:

PDF

References


Fenton, D. & Watkins, B. W. (2010). Fluency in Distance Learning. Charlotte, New Castle: Information Age Publishing, Inc.

Graham, C. R. (2006). Blended Learning Systems: Definition, Current Trends, and Future Directions. San Fransisco: Pfeiffer Publihing, 3-21.

Graham, P.T, & Cline, P.C. (1980). The Case Method: A Basic Teaching Approach, Theory Into Practice, 19:2, 112-116. DOI: 10.1080/00405848009542883

Heinze, A. (2008). Blended Learning: An Interpretive Action Research Study. Journal of Information Technology Education, 5, 236.

Koohang, A., Riley, L., Smith, T. & Schreurs, J. (2009). E-Learning and Constructivism: From Theory to Application. Interdisciplinary Jurnal of E-Learning and Learning Objects, 5(1), 91-109.

Informing Science Institute. Retrieved January 23, 2023 from https://www.learntechlib.org/p/44824/

Liu, T.C. 2017. Teaching In A Wireless Learning Environment: A Case Study. Jurnal Educational Technology & Society. 10(1), 107-123. Jung-li: National Central University

Nurman, Ali., et al. (2022). Analisis Penerapan Team Based Project Dalam Kebijakan Jurusan di Universitas Negeri Medan. PUBLIKAUMA: Jurnal Ilmu Administrasi Publik UMA, 10(2), 137-143. https://doi.org/10.31289/publika.v10i2.8348

Nursulistyo, E. D., Siswandari, S., & Jaryanto, J. (2021). Model Team-Based Learning dan Model Problem-Based Learning Secara Daring Berpengaruh terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Mimbar Ilmu, 26(1), 128. https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.32321

Riyaningrum, W., Isnaeni, N., Rosa, E. M. (2021). Pentingnya Team Based Learning (Tbl) Pada Mahasiswa Keperawatan Untuk Meningkatkan Kerjasama Tim: a Literature Review. Nursing Science Journal (NSJ), 2(1), 17–26. https://doi.org/10.53510/nsj.v2i1.51




DOI: https://doi.org/10.24114/jh.v14i2.54466

Article Metrics

Abstract view : 36 times
PDF - 23 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Elvi Mailani, Apiek Gandamana, Nurhudayah Manjani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.