PENINGKATAN KUALITAS PERKULIAHAN BLENDED LEARNING MELALUI PENERAPAN MODEL TEAM BASED PROJECT DI PGSD FIP UNIMED

Authors

  • Elvi Mailani Universitas Negeri Medan
  • Apiek Gandamana Universitas Negeri Medan
  • Nurhudayah Manjani Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.24114/jh.v14i2.54466

Keywords:

Kualitas Pembelajaran, Blended Learning, Model Team Based Project

Abstract

Penelitian ini mengevaluasi efektivitas model Team-Based Project dalam pembelajaran blended di PGSD FIP UNIMED. Mengatasi tantangan yang ada”dimana dosen fokus pada perubahan perilaku, sejalan dengan KPI untuk Pendidikan Tinggi, dan penggunaan pembelajaran blended sejak 2020”penelitian ini mengadopsi desain kuantitatif, eksperimental semu. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas pengajaran pasca pandemi agar sejalan dengan CPL dan CPMK. Outputnya mencakup buku dengan ISBN, prosiding internasional, publikasi jurnal SINTA, dan dokumen Hak Kekayaan Intelektual. Dengan meningkatkan pengajaran pasca pandemi, penelitian ini memberikan manfaat bagi dosen dan mahasiswa, berusaha mencapai hasil pendidikan yang lebih baik.

Author Biographies

Elvi Mailani, Universitas Negeri Medan

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Apiek Gandamana, Universitas Negeri Medan

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Nurhudayah Manjani, Universitas Negeri Medan

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Fenton, D. & Watkins, B. W. (2010). Fluency in Distance Learning. Charlotte, New Castle: Information Age Publishing, Inc.

Graham, C. R. (2006). Blended Learning Systems: Definition, Current Trends, and Future Directions. San Fransisco: Pfeiffer Publihing, 3-21.

Graham, P.T, & Cline, P.C. (1980). The Case Method: A Basic Teaching Approach, Theory Into Practice, 19:2, 112-116. DOI: 10.1080/00405848009542883

Heinze, A. (2008). Blended Learning: An Interpretive Action Research Study. Journal of Information Technology Education, 5, 236.

Koohang, A., Riley, L., Smith, T. & Schreurs, J. (2009). E-Learning and Constructivism: From Theory to Application. Interdisciplinary Jurnal of E-Learning and Learning Objects, 5(1), 91-109.

Informing Science Institute. Retrieved January 23, 2023 from https://www.learntechlib.org/p/44824/

Liu, T.C. 2017. Teaching In A Wireless Learning Environment: A Case Study. Jurnal Educational Technology & Society. 10(1), 107-123. Jung-li: National Central University

Nurman, Ali., et al. (2022). Analisis Penerapan Team Based Project Dalam Kebijakan Jurusan di Universitas Negeri Medan. PUBLIKAUMA: Jurnal Ilmu Administrasi Publik UMA, 10(2), 137-143. https://doi.org/10.31289/publika.v10i2.8348

Nursulistyo, E. D., Siswandari, S., & Jaryanto, J. (2021). Model Team-Based Learning dan Model Problem-Based Learning Secara Daring Berpengaruh terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Mimbar Ilmu, 26(1), 128. https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.32321

Riyaningrum, W., Isnaeni, N., Rosa, E. M. (2021). Pentingnya Team Based Learning (Tbl) Pada Mahasiswa Keperawatan Untuk Meningkatkan Kerjasama Tim: a Literature Review. Nursing Science Journal (NSJ), 2(1), 17“26. https://doi.org/10.53510/nsj.v2i1.51

Downloads

Published

2023-12-14

How to Cite

Mailani, E., Gandamana, A., & Manjani, N. (2023). PENINGKATAN KUALITAS PERKULIAHAN BLENDED LEARNING MELALUI PENERAPAN MODEL TEAM BASED PROJECT DI PGSD FIP UNIMED. JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED, 14(2), 85–92. https://doi.org/10.24114/jh.v14i2.54466

Issue

Section

Articles