PENINGKATAN KUALITAS PERKULIAHAN BLENDED LEARNING MELALUI PENERAPAN MODEL TEAM BASED PROJECT DI PGSD FIP UNIMED
Abstract
Penelitian ini mengevaluasi efektivitas model Team-Based Project dalam pembelajaran blended di PGSD FIP UNIMED. Mengatasi tantangan yang ada—dimana dosen fokus pada perubahan perilaku, sejalan dengan KPI untuk Pendidikan Tinggi, dan penggunaan pembelajaran blended sejak 2020—penelitian ini mengadopsi desain kuantitatif, eksperimental semu. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas pengajaran pasca pandemi agar sejalan dengan CPL dan CPMK. Outputnya mencakup buku dengan ISBN, prosiding internasional, publikasi jurnal SINTA, dan dokumen Hak Kekayaan Intelektual. Dengan meningkatkan pengajaran pasca pandemi, penelitian ini memberikan manfaat bagi dosen dan mahasiswa, berusaha mencapai hasil pendidikan yang lebih baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Fenton, D. & Watkins, B. W. (2010). Fluency in Distance Learning. Charlotte, New Castle: Information Age Publishing, Inc.
Graham, C. R. (2006). Blended Learning Systems: Definition, Current Trends, and Future Directions. San Fransisco: Pfeiffer Publihing, 3-21.
Graham, P.T, & Cline, P.C. (1980). The Case Method: A Basic Teaching Approach, Theory Into Practice, 19:2, 112-116. DOI: 10.1080/00405848009542883
Heinze, A. (2008). Blended Learning: An Interpretive Action Research Study. Journal of Information Technology Education, 5, 236.
Koohang, A., Riley, L., Smith, T. & Schreurs, J. (2009). E-Learning and Constructivism: From Theory to Application. Interdisciplinary Jurnal of E-Learning and Learning Objects, 5(1), 91-109.
Informing Science Institute. Retrieved January 23, 2023 from https://www.learntechlib.org/p/44824/
Liu, T.C. 2017. Teaching In A Wireless Learning Environment: A Case Study. Jurnal Educational Technology & Society. 10(1), 107-123. Jung-li: National Central University
Nurman, Ali., et al. (2022). Analisis Penerapan Team Based Project Dalam Kebijakan Jurusan di Universitas Negeri Medan. PUBLIKAUMA: Jurnal Ilmu Administrasi Publik UMA, 10(2), 137-143. https://doi.org/10.31289/publika.v10i2.8348
Nursulistyo, E. D., Siswandari, S., & Jaryanto, J. (2021). Model Team-Based Learning dan Model Problem-Based Learning Secara Daring Berpengaruh terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Mimbar Ilmu, 26(1), 128. https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.32321
Riyaningrum, W., Isnaeni, N., Rosa, E. M. (2021). Pentingnya Team Based Learning (Tbl) Pada Mahasiswa Keperawatan Untuk Meningkatkan Kerjasama Tim: a Literature Review. Nursing Science Journal (NSJ), 2(1), 17–26. https://doi.org/10.53510/nsj.v2i1.51
DOI: https://doi.org/10.24114/jh.v14i2.54466
Article Metrics
Abstract view : 63 timesPDF - 60 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Elvi Mailani, Apiek Gandamana, Nurhudayah Manjani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.