KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA TRUTH OR DARE TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SEKOLAH DASAR

Shofiya Nur Haliza, Su’ad Su’ad, Diana Ermawati

Abstract


Kurangnya fokus siswa dalam proses pembelajaran IPAS kelas IV SDN Jetak menjadi pendorong peneliti untuk melakukan penelitian. Guru masih mengajarkan sesuatu dengan cara yang membosankan, mudah mengantuk, lingkungan kelas kurang mendukung pembelajaran, dan tidak adanya sumber belajar seperti media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah media Truth Or Dare efektif untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Di kelas IV SDN Jetak akan dilakukan penelitian kuantitatif, untuk penelitian ini menggunakan desain one group pretest-posttest yang merupakan metodologi kuasi eksperimental. Metode tes dan observasi merupakan contoh metode pengumpulan data. Uji N-Gain digunakan dalam metode analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji N-Gain dengan menggunakan media Truth Or Dare menghasilkan hasil yang sedang yaitu 0,59. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa pengajaran IPA dan konsep IPA melalui penggunaan media Truth Or Dare efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan media Truth Or Dare terbukti efektif terhadap hasil belajar kognitif siswa pada pembelajaran IPA kelas IV dan pembelajaran IPA di SDN Jetak.

Keywords


Media Truth Or Dare; Hasil Belajar Kognitif

Full Text:

PDF

References


Amalia, N., Ermawati, D., & Kuryanto, M. S. (2022). Pengaruh Penggunaan Metode Hypnoteaching terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2148-2155. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.685

Annisa, S. A., Ainy, F. N., Adelia, V. A., Istiqomah, I. A., & Ermawati, D. (2023). PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 4(2), 227-232. https://jim.teknokrat.ac.id/index.php/pendidikanmatematika/article/view/3499

Astuti, D., Frima, A., & Sofiarini, A. (2022). Pengembangan Media Permainan Truth Or Dare (TOD) pada Pembelajaran PKn Kelas IV SD Negeri 1 Air Lesing. Silampari Sains and Education, 1(2), 23-31. https://jurnal.lp3mkil.or.id/index.php/SSE/article/view/330

Ermawati, D., Anisa, R. N., Saputro, R. W., Ummah, N., & Azura, F. N. (2023). Pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD 1 Dersalam. Kumpulan Artikel Pendidikan Anak Bangsa (Kapasa): Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora, 3(2), 82-92. https://journal.unimerz.com/index.php/kapasa/article/view/356

Ermawati, D., & Zuliana, E. (2020). Implementation of open-ended problems on mathematical problem-solving skill of elementary school students. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 6(2), 145-157. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jpsd/article/view/8798

Fauzi, M. R., Riswari, L. A., & Ermawati, D. (2023). Penerapan Model Jigsaw Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(3), 189-196. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i3.1538

Handayani, L., Madjdi, A. H., & Suad, S. (2021). Pengembangan model supervisi akademik berbasis rekan sejawat di SMP Negeri se-kecamatan bae Kabupaten Kudus. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(2), 317-334. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.2.2021.1319

Marisa, M. (2021). Inovasi kurikulum “Merdeka Belajar” di era society 5.0. Santhet (Jurnal Sejarah Pendidikan Dan Humaniora), 5(1), 66-78. https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/santhet/article/view/1317

Maskur, M. M., Anwar, M. K., & Trianah, T. T. (2021). Implementasi Pembelajaran blended learning di MI. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman, 12(2), 120-133. http://dx.doi.org/10.31942/mgs.v12i2.5605

Qorimah, E. N., & Sutama, S. (2022). Studi Literatur: Media Augmented Reality (AR) Terhadap Hasil Belajar Kognitif. Jurnal Basicedu, 6(2), 2055-2060. https://dx.doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2348

Sofiannida, L., Utaminingsih, S., & Suad, S. (2018). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Tema Pahlawanku Kelas IV Sekolah Dasar. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(2), 83–90. https://doi.org/10.24176/jino.v1i2.2845

Subiyanti, S., Murtono, M., & Suad, S. (2020). Pendidikan Karakter Berbasis Gerakan Literasi Di Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(1), 24-34. https://doi.org/10.24176/re.v11i1.4590

Sujarwo, T. N., Ismaya, E. A., & Ermawati, D. (2023). Penerapan Model Jigsaw Berbantuan Media Powtoon Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sdn Sidomulyo 1. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 3203-3209. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8596

Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal komunikasi pendidikan, 2(2), 103-114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Utaminingsih, S., Setiadi, G., Suad, S., & Ismaya, E. A. (2024). Pengaruh Manajemen Hybrid Learning dan Fasilitas Belajar Terhadap Kepuasan Mahasiswa. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 327-336. https://doi.org/10.62775/edukasia.v5i1.764

Zulfa, L., Ermawati, D., & Reswari, L. A. (2023). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa SD Kelas V. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 14(4), 509-514. https://journal.ummat.ac.id/index.php/paedagoria/article/view/17448




DOI: https://doi.org/10.24114/jh.v15i1.57135

Article Metrics

Abstract view : 69 times
PDF - 60 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Shofiya Nur Haliza, Su’ad Su’ad, Diana Ermawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
slot gacor slot