PENGARUH METODE BERMAIN BISIK BERANTAI TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V T.A 2023/2024

Debora Manalu, Erlinda Simanungkalit, Arifin Siregar, Halimatusakdiah Halimatusakdiah, Sri Mustika Aulia

Abstract


Penelitian ini dilakukan di UPT SPF SD N 101771 Tembung menggunakan metode Penelitian Eksperimen Kuasi (Quasi Experimental Design). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V, terdiri dari 2 kelas yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, dengan total 60 siswa. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan bahwa permasalahannya adalah rendahnya konsentrasi siswa dan sering kali siswa merasa bosan dan jenuh karena penggunaan metode belajar yang monoton, sehingga penelitian ini betujuan untuk mencoba menggunakan metode bermain bisik berantai dalam pembelajaran sehingga dilakukan analisis apakah  metode tersebut dapat mengatasi permasalahan di sekolah tersebut.

Keywords


Metode Bermain Bisik Berantai; Keterampilan; Menyimak

Full Text:

PDF

References


Arikunto. (2020). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Fauziah, A. (2015). Pengaruh Metode Permainan Bahasa Bisik Berantai Terhadap Keterampilan Menyimak Pantun (Quasi Eksperimen Pada Kelas IV SDN Bekasi Jaya II).

Halimatussakdiyah, H. (2017). Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia Pada Mahasiswa PGSD. Medan: Unimed Press.

Likarde, O. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Permainan Bisik Berantai Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Di SDN 63 Pondok Kubang Bengkulu Tengah (Doctoral dissertation, IAIN Bengkulu).

Nurgiantoro, B. (2013). "Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi". Jakarta: BPFE

Rahman, H., & Yufagiati, R. (2019). Menyimak & Berbicara: Teori dan Praktik. Bandung: Alqaprint Jatinangor-Anggota Ikapi.

Sudjana, N. (2010). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suprawoto. (2021). Metode Bermain Bisik Berantai. Bandung: Citapustaka Media.

Tarigan, H. G. (2016). Menyimak: sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa

Trianto. (2016). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.




DOI: https://doi.org/10.24114/jh.v15i1.61408

Article Metrics

Abstract view : 68 times
PDF - 51 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Debora Manalu, Erlinda Simanungkalit, Arifin Siregar, Halimatusakdiah Halimatusakdiah, Sri Mustika Aulia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
slot gacor slot