PENGARUH METODE BERMAIN BISIK BERANTAI TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V T.A 2023/2024

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Debora Manalu
Erlinda Simanungkalit
Arifin Siregar
Halimatusakdiah Halimatusakdiah
Sri Mustika Aulia

Abstract

Penelitian ini dilakukan di UPT SPF SD N 101771 Tembung menggunakan metode Penelitian Eksperimen Kuasi (Quasi Experimental Design). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V, terdiri dari 2 kelas yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, dengan total 60 siswa. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan bahwa permasalahannya adalah rendahnya konsentrasi siswa dan sering kali siswa merasa bosan dan jenuh karena penggunaan metode belajar yang monoton, sehingga penelitian ini betujuan untuk mencoba menggunakan metode bermain bisik berantai dalam pembelajaran sehingga dilakukan analisis apakah  metode tersebut dapat mengatasi permasalahan di sekolah tersebut.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biographies

Debora Manalu, Universitas Negeri Medan

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Erlinda Simanungkalit, Universitas Negeri Medan

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Arifin Siregar, Universitas Negeri Medan

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Halimatusakdiah Halimatusakdiah, Universitas Negeri Medan

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Sri Mustika Aulia, Universitas Negeri Medan

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
How to Cite
Manalu, D., Simanungkalit, E., Siregar, A., Halimatusakdiah, H., & Aulia, S. M. (2024). PENGARUH METODE BERMAIN BISIK BERANTAI TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V T.A 2023/2024. JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED, 15(1), 163–182. https://doi.org/10.24114/jh.v15i1.61408

References

  1. Arikunto. (2020). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
  2. Fauziah, A. (2015). Pengaruh Metode Permainan Bahasa Bisik Berantai Terhadap Keterampilan Menyimak Pantun (Quasi Eksperimen Pada Kelas IV SDN Bekasi Jaya II).
  3. Halimatussakdiyah, H. (2017). Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia Pada Mahasiswa PGSD. Medan: Unimed Press.
  4. Likarde, O. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Permainan Bisik Berantai Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Di SDN 63 Pondok Kubang Bengkulu Tengah (Doctoral dissertation, IAIN Bengkulu).
  5. Nurgiantoro, B. (2013). "Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi". Jakarta: BPFE
  6. Rahman, H., & Yufagiati, R. (2019). Menyimak & Berbicara: Teori dan Praktik. Bandung: Alqaprint Jatinangor-Anggota Ikapi.
  7. Sudjana, N. (2010). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  8. Suprawoto. (2021). Metode Bermain Bisik Berantai. Bandung: Citapustaka Media.
  9. Tarigan, H. G. (2016). Menyimak: sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa
  10. Trianto. (2016). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.