MENINGKATKAN SIKAP BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) PADA SISWA KELAS VIII-2 MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN SMP NEGERI 1 PAYUNG

Authors

  • Annan Ginting

DOI:

https://doi.org/10.24114/jh.v5i2.6509

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat sikap belajar siswa, hasil belajar kognitif dan ketrampilan belajar. Subjek  penelitian berjumlah siswa 17 orang. Data sikap belajar siswa pada siklus I antara lain kejujuran (56%), disiplin (59%), tanggung jawab (61%), ketelitian (58%), dan kerjasama (59%). Pada siklus II antara lain kejujuran (88%), disiplin (90%), tanggung jawab (89%), ketelitian (88%), dan kerjasama (86%).  Tes hasil belajar  formatif I dan formatif II  hasilnya  masing-masing menunjukkan rata-rata 71,7 dan 88,2. Data hasil ketrampilan belajar siswa menurut pengamatan pengamat pada siklus I antara lain mengamati (63%), mengumpulkan data (63%), menganalisis (67%), menginterprestasi (61%), dan mengkomunikasikan hasil (61%). Pada siklus II antara lain mengamati (88%), mengumpulkan data (92%), menganalisis (93%), menginterprestasi (89%), dan mengkomunikasikan hasil (86%).Kata Kunci : Model Think Talk Write, Sikap Belajar Siswa, Hasil Belajar                   Kognitif, Ketrampilan Belajar Siswa

Author Biography

Annan Ginting

Guru Pendidikan Agama Kristen SMP Negeri 1 Payung

Downloads

Published

2017-06-30

How to Cite

Ginting, A. (2017). MENINGKATKAN SIKAP BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) PADA SISWA KELAS VIII-2 MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN SMP NEGERI 1 PAYUNG. JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED, 5(2), 82–91. https://doi.org/10.24114/jh.v5i2.6509