MENINGKATKAN SIKAP BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) PADA SISWA KELAS VIII-2 MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN SMP NEGERI 1 PAYUNG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat sikap belajar siswa, hasil belajar kognitif dan ketrampilan belajar. Subjek penelitian berjumlah siswa 17 orang. Data sikap belajar siswa pada siklus I antara lain kejujuran (56%), disiplin (59%), tanggung jawab (61%), ketelitian (58%), dan kerjasama (59%). Pada siklus II antara lain kejujuran (88%), disiplin (90%), tanggung jawab (89%), ketelitian (88%), dan kerjasama (86%). Tes hasil belajar formatif I dan formatif II hasilnya masing-masing menunjukkan rata-rata 71,7 dan 88,2. Data hasil ketrampilan belajar siswa menurut pengamatan pengamat pada siklus I antara lain mengamati (63%), mengumpulkan data (63%), menganalisis (67%), menginterprestasi (61%), dan mengkomunikasikan hasil (61%). Pada siklus II antara lain mengamati (88%), mengumpulkan data (92%), menganalisis (93%), menginterprestasi (89%), dan mengkomunikasikan hasil (86%).
Kata Kunci : Model Think Talk Write, Sikap Belajar Siswa, Hasil Belajar
Kognitif, Ketrampilan Belajar Siswa
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jh.v5i2.6509
Article Metrics
Abstract view : 260 timesPDF - 157 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Annan Ginting
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.