EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SNOW BALLING DAN PENEMUAN TERBIMBING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 TEBING TINGGI
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran penemuan terbimbing dapat menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik dibandingkan pembelajaran dengan menggunakan model snow balling. Hasil penelitian menunjukkan (1) Pembelajaran dengan model snow balling memberikan prestasi belajar matematika yang sama dengan pembelajaran dengan model penemuan terbimbing. (2) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan faktor gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika (Fb = 2.7423 dengan Ftabel = 3.0234). (3) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran dengan gaya belajar terhadap prestasi belajar matematika (Fab = 0.6321 dengan Ftabel = 2.3990). Pembelajaran dengan model snow balling dan model penemuan terbimbing lebih baik dibandingkan pembelajaran dengan model konvensional pada setiap gaya belajar.
Kata kunci : Snow Balling, Penemuan Terbimbing, Konvensional, Gaya Belajar Siswa
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jh.v5i2.6535
Article Metrics
Abstract view : 281 timesPDF - 200 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Tiurma Aritonang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.