EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SNOW BALLING DAN PENEMUAN TERBIMBING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 TEBING TINGGI

Tiurma Aritonang

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran penemuan terbimbing dapat menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik dibandingkan pembelajaran dengan menggunakan model snow balling. Hasil penelitian menunjukkan (1) Pembelajaran dengan model snow balling memberikan prestasi belajar matematika yang sama dengan pembelajaran dengan model penemuan terbimbing. (2) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan faktor gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika (Fb = 2.7423 dengan Ftabel = 3.0234). (3) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran dengan gaya belajar terhadap prestasi belajar matematika (Fab = 0.6321 dengan  Ftabel  = 2.3990). Pembelajaran dengan model snow balling dan model penemuan terbimbing lebih baik dibandingkan pembelajaran dengan model konvensional pada setiap gaya belajar.

                                    

Kata kunci : Snow Balling, Penemuan Terbimbing, Konvensional, Gaya Belajar Siswa


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jh.v5i2.6535

Article Metrics

Abstract view : 281 times
PDF - 200 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Tiurma Aritonang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.