AMELIORATION DES VOCABULAIRES DES LYCÉENS XII IPA 3 À SMAN 1 PERCUT SEI TUAN EN UTILISANT LA MÉTHODE TOTAL PHYSICAL RESPONSE (la Méthode par le Mouvement)

Judya Pratidina, Isda Pramuniati, Andi Wete Polili

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan penguasaan kosa kata siswa dalam bahasa Prancis dengan menggunakan metode pembelajaran  Total Physical Response. Objek penelitian ini adalah siwa SMA Methodist 8 Medan kelas XII IPA 3 semester satu yang berjumlah 40 orang.Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dengan dua siklus, setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Percut Sei Tuan di kelas XII IPA 3 pada mata pelajaran bahasa Prancis bulan Juli sampai September Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini direalisasikan dengan langkah-langkah sebagai berikut : merencanakan apa yang akan diajarkan guru dengan menggunakan metode Total Physiccal Response, membuat skenario pembelajaran, mempersiapkan ujian untuk mengetahui kemampuan hasil menulis siswa dalam bahasa Prancis pada ujian final, membuat pertanyaan untuk ujian final, merealisasikan ujian pre-test sebelum mengajar dengan menggunakan teknik  tersebut dan ujian final setelah siklus pertama dan kedua selesai. Berdasarkan hasil penelitian dapat dilihat bahwa peningkatan skor kemampuan menulis adalah: pada pre-test terdapat 10 siswa yang mencapai nilai mampu, nilai rata-rata pada siklus I adalah 65,75 dengan persentasi siswa sebanyak 57,5% dan nilai rata-rata pada siklus II adalah 80,25 dengan persentasi siswa sebanyak 82,5 %. Dengan demikian, terjadi peningkatan  penguasaan kosa kata bahasa Prancis siswa dengan menggunakan metode Total Physical Response

 

Kata kunci : Vocabulaire, Total Physical Response




DOI: https://doi.org/10.24114/hxg.v3i2.1763

Article Metrics

Abstract view : 220 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright ©2021 Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis Fakultas Bahasa dan Seni & Association des Professeurs de Français d'Indonésie (APFI)