ANALYSE DES ERREURES GRAMMATICALES DANS L’AVANT PROPOS DU MEMOIRE DES ETUDIANTS DE LA SECTION FRANÇAISE UNIVERSITÉ DE MEDAN.

Fris Caterina Hutahaean, Dr. Balduin Pakpahan, M.Hum., Dr. Marice , M.Hum.

Abstract


ABSTRAK

Fris Caterina Hutahaean, 2123331013. Analyse Des Erreures Grammaticales Dans L’avant Propos Du Memoire Des Etudiants De La Section Française Universite De Medan. Pendidikan Bahasa Prancis. Skripsi. Medan. Fakultas Bahasa dan Seni. UNIMED. 2017.

 

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan kesalahan tata bahasa dalam kata pengantar skripsi mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Prancis Universitas Negeri Medan. Kesalahan yang ditemukan sangat bervariasi. Dengan menganalisisn kesalahan tata bahasa, penulis menggunakan teori Isabelle Cholet dalam bukunya Précis de Grammaire.

Metode penelitian ini yaitu metode kualitatif. Metode kualitatif adalah proses penelitian yang menghasilkan data deskriptif sebagai kata tertulis atau lisan individu yang diamati. Metode pencarian ini akan menjelaskan kondisi kebenaran dan memprioritaskan data melalui teori. Untuk menganalisis data, penulis menganalisis 30 kata pengantar dan mencari kesalahan tata bahasa. Kesalahan tata bahasa akan ditemukan dalam tabel. Berdasarkan tabel, penulis dapat menemukan kesalahan tata bahasa yang paling sering dominan yang dibuat oleh  mahasiswa Program Studi Bahasa Pendidikan Bahasa Perancis dalam kata pengantar skripsinya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan tata bahasa yang ditemukan adalah kesalahan penyusaian kata sifat, kesalahan bentuk lampau, kesalahan penyesuaian kata benda jamak, kesalahan penyesuaian artikel kontrak, kesalahan penyesuaian artikel defini, kesalahan penyusunan kata, kesalahan kata kerja bantu, kesalahan pengkonjugasian kata kerja, kesalahan infinitif, kesalaha artikel defini dan kesalahan kata ganti kepunyaan. Setelah mengumpulkan total jumlah kesalahan tata bahasa, ditemukan pada 30 kata pngantar yang dianalisis diperoleh 14 bentuk kesalahan tata bahasa yang dibagi menjadi 79 kesalahan. Dari jumlah ini, kita dapat melihat bahwa kesalahan dengan mengkonjugasi kata kerja adalah kesalahan tata bahasa yang paling banyak ditemukan. Kesalahan dalam mengkonjugasi kata kerja ini mencapai 21 kesalahan.

Kata kunci: Kesalahan, Grammatikal, Kata Pengantar, Kualitatif.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/hxg.v6i1.7661

Article Metrics

Abstract view : 246 times
PDF - 203 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright ©2021 Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis Fakultas Bahasa dan Seni & Association des Professeurs de Français d'Indonésie (APFI)