FONCTION DE L’ÉMOTIVE ET DE LA CONATIVE DANS LES CHANSONS DE CARLA BRUNI

Ivana Sarah Triwanty Purba, Pengadilen Sembiring, Rabiah Adawi

Abstract


ABSTRAK

Ivana Sarah Triwanty Purba , 2123131027. Fungsi Emotif dan Konatif dalam lagu Carla Bruni. Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis, Jurusan Bahasa Asing, FakultasBahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan.  2017.

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan fungsi emotif dan fungsi conatif yang digunakan pada lagu Carla Bruni. Sedangkan objek penelitiannya adalah semua kata atau kalimat yang berupa fungsi emotif dan konatif. Data penelitian ini adalah kata atau kalimat yang mengandung fungsi emotif dan konatif dalam lirik lagu Carla Bruni padaalbum Quelqu’un M’a Dit.

 

Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif yang menggambarkan dengan kata-kata atau kalimat dan dapat dipisah-pisahkan menurut kategori fungsi bahasa untuk memperoleh kesimpulan.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam lagu Carla Bruni pada album Quelqu’un M’a Dit terdapat 2 jenis fungsi bahasa, yaitu Fungsi Emotif (63) dan fungsi Konatif (8).Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa fungsi bahasa yang paling sering ditemukan atau digunakan dalam lagu adalah Fungsi Emotif (63) dan yang paling sedikit ditemukan adalah fungsi Konatif (8).

 

katakunci : fungsi emotif dan konatif, lagu carla bruni.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/hxg.v6i1.7664

Article Metrics

Abstract view : 170 times
PDF - 182 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright ©2021 Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis Fakultas Bahasa dan Seni & Association des Professeurs de Français d'Indonésie (APFI)