ACTE DE LANGAGE DE REQUÊTE DIRECTE ET INDIRECTE DANS LE FILM AMOUR ET TURBULENCE

Dr. Irwandy , M.Pd., Dra. Elvi Syahrin, M.Hum.

Abstract


ABSTRAK

 

Sartika Purba. 2123131045, “Tindak Tutur Meminta Secara Langsung dan Tidak Langsung dalam Film Amour et Turbulence”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis. Jurusan Bahasa Asing. Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Medan 2017.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis tindak tutur meminta secara langsung dan tidak langsung yang ditemukan dalam film Amour et Turbulence. Teori yang digunakan adalah teori Blum-Kulka dalam penelitian Fallou MBOW (2001).

Penelitian ini dilaksanakan di Perpustakan Bahasa dan Seni UNIMED. Metode ini menggunakan deskritif kualitatif.Metode menjelaskan kondisi kebenaran, dan memprioritaskan data yaitu teori. Sumber data yang digunakan adalah film Amour et Turbulence.

Setelah melakukan analisis penelitian meminta dakam film ini, dapat kita simpulkan bahwa percakapan meminta secara langsung dan tidak langsung dalam film ini memiliki jenis- jenis bentuk yang sesuai dengan konteks yang berbeda- beda dan terdapat tiga bentuk l’acte de langage de requête directe et indirecte yaitu; la formulation directe, la formulation indirecte conventionnelle, dan la formulation indirecte non-conventionnelle.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat kita lihat bahwa meminta dalam bentuk l’acte de langage de requête directe et indirecte yang paling dominan menggunakan la formulation directe où le mode impératif. Tendensi dari penggunaan tindak tutur meminta yang ditemukan didalam film ini adalah penggunaan formulation directe en mode impératif yang digunakan oleh semua karakter didalam film, termasuk karakter utamanya. Orang- orang prancis tidak suka mengatakan secara tidak langsung untuk menyatakan satu permintaan atau orang- orang prancis  menyatakan permintaan mereka secara langsung. Dan telah dibuktikan didalam film Amour et Turbulence.

Kata kunci: tindak tutur, meminta langsung dan tidak langsung, film Amour et Turbulence.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/hxg.v6i1.7715

Article Metrics

Abstract view : 294 times
PDF - 163 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright ©2021 Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis Fakultas Bahasa dan Seni & Association des Professeurs de Français d'Indonésie (APFI)