ANALYSE L’ACTE DE LANGAGE DIRECTIVE DE LA REQUÊTE INDIRECTE DANS LES FILMS FRANÇAIS

Kiristina Lestaria Tarihoran, Isda Pramuniati, Junita Friska

Abstract


ABSTRAK

KiristinaLestariaTarihoran, 2123331017. Analyse L’Acte Directive De Langage De La Requête Indirecte Dans Les Films Français. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis. Jurusan Bahasa Asing. Fakultas Bahasa Dan Seni. Universitas Negeri Medan. 2017.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi dari tindak tutur meminta secara tidak langsung dengan menggunakan pertanyaan berdasarkan keberhasilan sebuah kondisi dalam film- film Prancis. Teori yang digunakan adalah teori dari Warga .

Metode yang dipakai adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data. Sumber data penelitianmenggunakan 5 film PrancisyaituLe Petit Prince, Jack et La Mécanique du Cœur, Ratatouille, Intouchables, et La Belle et La Bête.

Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwakeberhasilan dari sebuah tuturan permintaanditunjukkanolehkondisi dan strategi yang digunakanolehpenutur.  KeberhasilanpermintaanmelaluistrategidisebutdenganQuestion sur Une de Condition Réussite (QCR)terbagiatas lima strategi yang  terdapatdalam film –film Prancisyaitu Question sur la capacité (30) tuturan dengan verba  pouvoir ,Question sur la possibilité (1) tuturan denganmenggunakan kata possible dan verba etre , Question sur la volonté (24) tuturan denganmenggunakan verba vouloir , Question sur la disponibilité (8) tuturan dengan verba yang digunakanadalahavoir, Question sur la permission (6)tuturan dengan verba permettre dan pouvoir. Dari penelitianinistrategi yang palingdominanditemukanadalah Question sur la capacité denganjumlah 30 tuturan karena strategi tersebut lebih mudah dipakai dalam setiap kondisi. Sedangkan tuturan dengan strategi Question sur la possibilité paling sedikit ditemukan dengan jumlah satu tuturan karena tergantung pada kemungkinan kondisi dari total 69 tuturan.

Dalampenelitianinijugaditemukanpenggunaanbeberapa modus untukmemintaseseorangmelakukansesuatuyaitu Indicatif présent dan Conditionnel.

Kata Kunci : Tindak tutur meminta tidak langsung, QCR, Strategi, Verba dan Modus,Film – film Prancis

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/hxg.v6i2.8213

Article Metrics

Abstract view : 313 times
PDF - 305 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright ©2021 Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis Fakultas Bahasa dan Seni & Association des Professeurs de Français d'Indonésie (APFI)