ANALYSE DES ERREURS GRAMMATICALES DE LA PRODUCTION ÉCRITE DANS L’ÉCRITURE DES ÉTUDIANTS FRANÇAIS À L’UNIMED

Megawati Gultom, Jubliana Sitompul, Rabiah Adawi

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesalahan-kesalahan gramatikal yang diproduksi oleh mahasiswa semester V saat menulis tugas mata kuliah production Érite. Dengan menemukan kesalahan-kesalahan grammatikal ini, ditemukan juga frekuensi kesalahan grammatikal terbesar mereka dalam membuat sebuah tulisan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Albert Hamon (2016).

Metode penelitian ini adalah metode kualitatif. Metode kualitatif adalah proses penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang yang diamati. Metode penelitian ini akan menjelaskan kebenaran dan memberikan prioritas data daripada teori. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan buku gramatikal bahasa Perancis untuk menemukan dan memecahkan rumusan masalah.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 11 jenis kesalahan gramatikal yang ditemukan dalam tulisan mahasiswa semester V, yaitu kata depan, preposisi, konjugasi kata kerja, penyesuaian, kata ganti, penggunaan kata kerja être, kata sifat, konjungsi, kata keterangan, kalimat negatif, kata kerja dasar. Ditemukan juga jumlah kesalahan gramatikal yang yang diproduksi oleh mahasiswa dalam bentuk persentasi. Kesalahan yang paling sering di produksi oleh mahasisswa bahasa perancis  di semester V adalah  penggunaan kata depan (32%) dan preposisi (26%). Kesalahan ini terjadi karena kecerobohan dan kompetensi mereka. Mereka kesulitan untuk memahami jenis ataupun jumlah kata benda dan banyaknya jumlah variasi preposisi dalam bahasa perancis.

Kata kunci : kesalahan gramatikal, frekuensi , tulisan mahasiswa

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/hxg.v6i2.8214

Article Metrics

Abstract view : 300 times
PDF - 319 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright ©2021 Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis Fakultas Bahasa dan Seni & Association des Professeurs de Français d'Indonésie (APFI)