ADJECTIVISATION EN –ABLE/-IBLE DES VERBES TROUVE DANS LE ROMAN LES CONFESSIONS PAR JEAN-JACQUES ROUSSEAU

Mutiara Marselina Sinurat, Dr. Irwandy M.Pd., Rabiah Adawi

Abstract


ABSTRAK

Mutiara Marselina Sinurat, 2123131034 “Adjectivisation En –Able/-Ible Des Verbes Trouve Dans Le Roman Les Confessions Par Jean-Jacques Rousseau” Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis, Jurusan Bahasa Asing, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan. 2017.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kata sifat apa saja yang ditemukan dari kata kerja menggunakan sufiks –able/-ible dalam roman les confessions oleh Jean-Jacques Rousseau, mengetahui kata kerja apa saja yang dapat dibentuk menjadi kata sifat menggunakan sufiks –able/-ible, mengetahui makna apa yang ditemukan dengan menggunakan sufiks –able/-ible pada kata kerja.

Untuk menganalisis data, penulis terlebih dahulu mencari kata sifat yang yang ditemukan dari kata kerja menggunakan sufiks –able/-ible di dalam roman les confessions oleh Jean-Jacques Rousseau. Kemudian penulis menacari kata kerja - kata kerja yang dapat dibentuk menjadi kata sifat menggunakan sufiks –able/-ible pada roman les confessions oleh Jean-Jacques Rousseau. Selanjutnya, penulis mendeskripsikan makna apa yang ditemukan dengan menggunakan sufiks able/-ible pada kata kerja dalam roman les confession oleh Jean-Jacques Rousseau. Terakhir, penulis dapat menarik kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kata sifat yang ditemukan dari kata kerja menggunakan suffiks –able dalam roman Les Confessions oleh Jean-Jacques Rousseau adalah 41 kata sifat. Kata sifat yang ditemukan dari kata kerja menggunakan suffiks –ible dalam roman Les Confessions oleh Jean-Jacques Rousseau adalah 10 kata sifat. Kata kerja yang dapatdibentukmenjadi kata sifatmenggunakansuffiks –able/-ibledalam roman Les Confessions oleh Jean-Jacques Rousseau adalah kata kerja yang berakhiran (-er),(-ir),(-re,-oir). Makna yang ditemukan dengan penggunaan sufiks –able/-ible pada kata kerja di dalam roman Les Confessions oleh Jean-Jacques Rousseau adalah makna yang yang menjelaskan kualitas dan suatu cara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemakaian sufiks –able yang sering muncul.

Kata kunci : adjectivalisasi, suffiks kata sifat, Roman Les Coonfessios oleh Jean-Jacques Rousseau

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/hxg.v6i2.8215

Article Metrics

Abstract view : 241 times
PDF - 372 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright ©2021 Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis Fakultas Bahasa dan Seni & Association des Professeurs de Français d'Indonésie (APFI)