ACTE DE LANGAGE DE SUGGESTION DANS LE FILM «INTOUCHABLES »

Renta Lubis, Dr. Marice M.Hum., Rabiah Adawi

Abstract


ABSTRAK

Renta Lubis, NIM. 2123131036. “Acte de Langage de Suggestion dans le Film « Intouchables »”. Mémoire. Section Française du Département de Langue Étrangère, Faculté des lettres et des arts. Université de Medan. 2017.

Adapun yang menjadi tujuan pada penelitian ini yaitu untuk menemukan ekspresi saran apa saja yang digunakan dan modus kalimat yang digunakan dalam film « Intouchables». Pengelompokan kategori dan jenis tindak tutur ini berasal dari klasifikasi yang disusun oleh Martinez-Flor yang mengklasifikasikan tindak tutur ke dalam tiga bagian yaitu, langsung, conventionel dan tidak langsung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Metode kualitatif adalah metode yang digambarkan dengan kata-kata atau kalimat dan dapat dipisah-pisahkan menurut kategori untuk memperoleh kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tindak tutur saran dalam film Intouchables beragam. Hasil Ekspresi performatif adalah (1), Ekspresi perintah (9), Ekspresi  perintah negatif(1), Ekspresi kemungkinan (1), Ekspresi harus (3), Ekspresi kebutuhan(2). Dalam penelitian ini ditemukan penggunaan beberapa Modus untuk memberikan saran, yaitu modus Indicatif Présent,  Imperatif. Berdasarkan data yang diperoleh, ekspresi saran yang paling sering muncul digunakan penutur dalam film Intouchables adalah ekspresi saran secara langsung dengan tipe perintah.Hal tersebut menunjukkan bahwa penutur cenderung mengekspresikan sarannya dengan cara memberikan saran secara langsung, agar lawan tutur mudah memahami maksud si penutur.

Kata kunci : Tindak tutur, ekspresi saran, film Intouchables.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/hxg.v6i2.8217

Article Metrics

Abstract view : 259 times
PDF - 263 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright ©2021 Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis Fakultas Bahasa dan Seni & Association des Professeurs de Français d'Indonésie (APFI)