Temaram: Visualisasi Thanatophobia Menggunakan Konsep Staging

Ginna Syofany, Yusril Yusril

Abstract


Gangguan kecemasan adalah gangguan jiwa dimana penderitanya merasakan kecemasan yang berlebihan bahkan untuk sesuatu yang tidak mengancam. Dalam penelitian ini mengangkat fenomena thanatophobia, yaitu kecemasan yang berlebihan terhadap kematian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat film fiksi yang berangkat dari fenomena thanatophobia pada penyintas gangguan kecemasan dengan menggunakan gaya realisme dan menerapkan pembuatan film dengan konsep pementasan. Konsep pementasan sangat penting dalam pembuatan karya film ini karena dapat menciptakan pengalaman sinematik yang menarik, mengarahkan perhatian penonton dan memperkuat pesan naratif melalui setting kamera yang strategis sehingga dapat menggambarkan dengan jelas bagaimana gangguan kecemasan tersebut.


Full Text:

PDF

References


Ascher, S., & Pincus, E. (2007). The filmmaker's handbook: A comprehensive guide for the digital age. Penguin.

Block, B. (2020). The visual story: Creating the visual structure of film, TV, and digital media. Routledge.

Bordwell, D., Thompson, K., & Smith, J. (1993). Film art: An introduction (Vol. 7, p. 437). New York: McGraw-Hill.

Mascelli, J. V. (1965). The five C's of cinematography (Vol. 1). Hollywood: Grafic Publications.

McQuail, D., & Pengantar, T. K. M. S. (1987). diterjemahkan oleh Agus Dharma dan Aminuddin Ram. Penerbit Erlangga.

Pertiwi, G., & Yusril, Y. (2019). Penciptaan film fiksi “Siriah Jadi Karakok” dengan fenomena lesbian di Sumatera Barat. Gorga: Jurnal Seni Rupa, 8(1), 192-196.

Pratista, H. (2017). Memahami Film-Edisi 2. Yogyakarta: Montase press.

Rifandi, I. (2022). The Development Of Makyong Acting Training Method For Environment Of Traditional Theater Courses. Gondang: Jurnal Seni dan Budaya, 6(2).

Rifandi, I. (2020). Pemeranan Tokoh Joseph Garcin Naskah Lakon Pintu Tertutup. Creativity And Research Theatre Journal, 2(2), 24-32.

Stanley, J., & Monta, M. (2007). Directing for Stage and Screen. Springer.

Suisno, E., & Wenhendri, W. (2023). Naskah Lakon Siti Nurbaya (Wajah di Sebalik Punggung) sebagai Alih Wahana Roman Siti Nurbaya (Kasih tak Sampai) Karya Marah Rusli. Creativity And Research Theatre Journal, 5(1), 63-86.

Whiwanda, N. D. (2015). Analisis Fungsi Monolog Sebagai Pendukung Dramatik Cerita Pada Program Cerita Seri Malam Minggu Miko 2 (Doctoral dissertation, Jurusan Televisi Fakultas Seni Media Rekam Institut Seni Indonesia Yogyakarta).




DOI: https://doi.org/10.24114/ilj.v1i2.49992

Article Metrics

Abstract view : 51 times
PDF - 23 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.24114/ilj.v1i2.49992.g21982

Refbacks

  • There are currently no refbacks.