Off-Screen Space Untuk Penguatan Naratif dalam Film Lakuna Sebagai Interpretasi Kekerasan Seksual

Muhammad Iskandar Pratama, Yusril Yusril

Abstract


Off-Screen Space merupakan ruang yang tidak terlihat dan cenderung diabaikan. Dalam pembuatan film, pembuat film cenderung lebih fokus pada mise-en-scene yang terlihat di layar. Sehingga peran ruang di luar layar berkurang. Padahal hubungan antara ruang di layar dan ruang di luar layar memiliki kontribusi yang sama jika pembuat film memberikan kesempatan yang sama pada kedua ruang tersebut. Dalam film Lakuna, memanfaatkan ruang off-screen dalam pengembangan naratif melalui ekspresi karakter, motif visual cermin dan suara diegetik off-screen dalam memaknai kekerasan seksual yang dialami oleh karakter-karakter dalam film Lakuna.

Full Text:

PDF

References


Artana, I. M. A. W. D. (2022). Penggunaan Diegetic Off-Screen sebagai Pembentuk Imajinasi Visual pada Pemanfaatan Ruang di Luar Layar dalam Sinema. IMAJI: Film, Fotografi, Televisi, & Media Baru, 13(3), 190-201.

Ariansah, M. (2021). Off-Screen Space dalam Film-Film Robert Bresson: Sebuah Pendekatan Psikoanalisis terhadap A Man Escaped dan The Trial of Joan of Arc.

Ascher, S., & Pincus, E. (2007). The filmmaker's handbook: A comprehensive guide for the digital age. Penguin.

Bazin, A. (2004). What is Cinema? vol. I (Vol. 20). Berkeley, CA: University of California Press.

Block, B. (2020). The visual story: Creating the visual structure of film, TV, and digital media. Routledge.

Burch, N. (2014). Theory of film practice (Vol. 507). Princeton University Press.

Bordwell, D., Thompson, K., & Smith, J. (1993). Film art: An introduction (Vol. 7, p. 437). New York: McGraw-Hill.

Deleuze, G. (2019). Cinema I: The movement-image. In Philosophers on Film from Bergson to Badiou: A Critical Reader (pp. 152-176). Columbia University Press.

Giannetti, L. D., & Leach, J. (1999). Understanding movies (Vol. 1, No. 1, p. 999). Upper Saddle River, NJ: Prentice Hall.

Pratista, H. (2017). Memahami Film-Edisi 2. Yogyakarta: Montase press.

Rifandi, I. (2022). The Development Of Makyong Acting Training Method For Environment Of Traditional Theater Courses. Gondang: Jurnal Seni dan Budaya, 6(2).

Stanley, J., & Monta, M. (2007). Directing for Stage and Screen. Springer.




DOI: https://doi.org/10.24114/ilj.v1i2.49993

Article Metrics

Abstract view : 47 times
PDF - 16 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.24114/ilj.v1i2.49993.g21984

Refbacks

  • There are currently no refbacks.