PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS DI KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 1 TANJUNG MORAWA T.P. 2016/2017
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa pada materi fluida statis di kelas XI Semester II SMA Negeri 1 Tanjung Morawa T.P. 2016/2017.Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa di kelas XI Semester II SMA Negeri 1 Tanjung Morawa T.P. 2016/2017 yang terdiri dari 6 kelas pararel yaitu kelas IPA-1 sampai kelas IPA-6. Sampel penelitian diambil dengan teknik class random sampling, yaitu kelas IPA-3 yang berjumlah 34 siswa sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan model pembelajaran inquiry training dan satu kelas lagi yaitu kelas IPA-4 yang berjumlah 34 siswa sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan pembelajaran konvensional. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen berupa tes hasil belajar keterampilan proses sains dalam bentuk essay dengan jumlah soal 6 buah. Dari analisa data nilai pretes kedua kelas didapatkan nilai rata-rata pretes kelas eksperimen sebesar 54,12 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol sebesar 54,38, dan nilai postes kedua kelas didapatkan nilai rata-rata postes kelas eksperimen sebesar 79,85 dan nilai rata-rata postes kelas kontrol sebesar 65,44. Berdasarkan uji normalitas dan uji homogenitas kedua kelas dinyatakan berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji hipotesis menggunakan uji beda (uji-t) diperoleh thitung > ttabel (5,073 > 1,669) maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan akibat pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa pada materi fluida statis di kelas XI Semester II SMA Negeri 1 Tanjung Morawa T.P. 2016/2017.
Kata Kunci : model pembelajaran inquiry training, hasil belajar, fluida statis
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v6i2.10104
Article Metrics
Abstract view : 252 timesPDF - 235 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.