PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR KOMBINASI KOPERATIF TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF, PSIKOMOTOR DAN AFEKTIF MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA UMUM I

Derlina Derlina, Dewi Wulandari, Yulifda Tanjung

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) bagaimanakah pengaruh model pembelajaran siklus belajar yang dikombinasi dengan model pembelajaran  kooperatif  terhadap kemampuan kognitif dalam pembelajaran  Fisika Umum I ?; (2) bagaimanakah aktivitas belajar mahasiswa dalam model siklus belajar yang dikombinasi dengan model pembelajaran kooperatif ?; (3) bagaimanakah pendapat mahasiswa tentang penerapan model belajar siklus  belajar  yang dikombinasi dengan model pembelajaran kooperatif? dan (4) faktor-faktor apakah yang mempengaruhi model model pembelajaran siklus  belajar yang dikombinasi dengan model pembelajaran kooperatif?.

Hasil penelitian adalah (1) Ada pengaruh model pembelajaran siklus belajar kombinasi koperatif terhadap tingkat kemampuan kognitif, psikomotor dan afektif mahasiswa pada pembelajaran Fisika Umum I, (2) Aktivitas mahasiswa dalam partisipasi kelompok  meningkat dari kategori kurang (56,1) pada pertemuan I menjadi kategori cukup (68,2)  pada pertemuan II, aktivitas persentase kelompok meningkat dari kategori cukup (64) pada pertemuan I menjadi kategori baik (74) pada pertemuan II. Dan (3). Pendapat mahasiswa terhadap penerapan model pembelajaran siklus belajar kombinasi koperatif adalah menyatakan bahwa pembelajaran memberikan pengalaman belajar menyenangkan karena mahasiswa aktif dalam  pembelajaran, dapat menemukan hal-hal baru, punya rasa tanggung jawab terhadap tugas yang diberikan, dapat saling  bertukar informasi. menjadi lebih semangat dan termotivasi karena diberikan kesempatan untuk menyelesaikan masalah sesuai dengan kreativitas yang mereka miliki.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Siklus Belajar Kombinasi Kooperatif, Kemampuan Kognitif, Psikomotor dan Afek


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v1i1.1189

Article Metrics

Abstract view : 119 times
PDF - 76 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.