PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 5 MEDAN T.P. 2016/2017

Aprilia P Sinaga, Mara B Harahap

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran  inquiry training terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok suhu dan kalor. Jenis penelitian adalah  quasi experiment dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas X SMA Negeri 5 Medan. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling dengan mengambil 2 dari 11 kelas secara acak yaitu kelas XI MIPA 7 sebagai kelas eksperimen dan  kelas XI MIPA 6 sebagai kelas kontrol masing –masing berjumlah 43 orang. Instrumen keterampilan proses sains yang digunakan berupa Lembar Kerja Siswa(LKS) yang telah divalidasi. Hasil uji hipotesis diperoleh (uji-t diperoleh adanya pengaruh penggunaan  model pembelajaran  inquiry training terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok suhu dan kalor.

 

Kata Kunci: inquiry training, keterampilan proses sains, suhu dan kalor

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v6i4.12480

Article Metrics

Abstract view : 239 times
PDF - 256 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.