PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INDUKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR FISIKA PADA MATERI POKOK TEORI KINETIK GAS DI KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 15 MEDAN T.P. 2016/2017

Inton Dolly Panjaitan, Abd Hakim S

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran induktif terhadap hasil belajar fisika pada materi teori kinetik gas di kelas XI Semester II SMA Negeri 15 Medan T.P 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain two group pre-test-post-test. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling dengan mengambil dua kelas dari enam kelas yaitu kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol yang  masing-masing berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar berbentuk pilihan berganda, yang sudah divalidasi dan lembar observasi untuk mengukur aktivitas selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen adalah 46,97 dan kelas kontrol adalah 53,1. Setelah pembelajaran selesai diberikan post-test dengan hasil nilai rata-rata kelas eksperimen 63,93 dan kelas kontrol adalah 54,7. Hasil uji hipotesis menggunakan uji beda (uji-t) diperoleh ada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran induktif terhadap hasil belajar fisika pada materi teori kinetik gas dikelas XI Semester II SMA Negeri 15 Medan T.P 2016/2017.

Kata Kunci: model pembelajaran, induktif, hasil belajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v6i4.12481

Article Metrics

Abstract view : 234 times
PDF - 243 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.