PENGARUH STRATEGI GENIUS LEARNING BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK MOMENTUM DAN IMPULS
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan class random sampling yaitu diambil dua kelas yang tiap kelasnya terdiri dari 34 siswa, kelas eksperimen dengan strategi Genius Learning berbasis Multiple Intelligence dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen berupa pilihan ganda sebanyak 14 soal dan Multiple Intelligence Research.Berdasarkan Multiple Intelligence Research (MIR) kecerdasan yang dominan pada kelas eksperimen dan sesuai dengan kriteria penilaian dalam kurikulum 2013 adalah logika dan matematika (pengetahuan), kinestetik (keterampilan), intrapersonal dan interpersonal (sikap).
Dari analisa data untuk kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan strategi Genius Learning berbasis Multiple Intelligence diperoleh pada uji t pretest diperoleh nilai pretes thitung < ttabel yaitu 1,27 < 1,99 maka H0 diterima maka kemampuan awal siswa pada kelas eksperimen sama dengan kemampuan awal siswa pada kelas kontrol. Kedua kelas berdistribusi normal dan memiliki variasi yang homogen. Hasil uji thitung adalah 7,598 sedangkan ttabel adalah 1,67 (5,04 > 1,67). Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh strategi Genius Learning berbasis Multiple Intelligence terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok momentum dan impuls di kelas X semester II SMA Negeri 2 Kisaran T.P. 2016/2017
Kata Kunci: strategi Genius Learning, Multiple Intelligence, Multiple Intelligence Research, konvensional
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v6i4.13367
Article Metrics
Abstract view : 266 timesPDF - 285 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.