PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI FLUIDA STATIS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Fluida Statis di kelas XI semester II SMA Swasta Raksana Medan T.P. 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah quasi exsperiment. Desain penelitian yang digunakan adalah two group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI yang terdiri dari 3 kelas yang dipilih dengan cara teknik random sampling. Kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 35 orang dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 31 orang. Instrumen yang digunakan essai dengan jumlah 8 soal yang telah dilakukan uji persyaratan tes untuk mengukur hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 11,18 dan kelas kontrol sebesar 11,29. Uji t menunjukkan bahwa kemampuan awal siswa kedua sampel. Nilai rata-rata postes kelas eksperimen sebesar 77,39 dan kelas kontrol sebesar 68,71. Uji t menunjukkan ada pengaruh yang signifikan akibat penerapan model problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Fluida Statis.
Kata kunci : Problem based learning (PBL), hasil belajar, Fluida Statis
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v7i1.13503
Article Metrics
Abstract view : 240 timesPDF - 273 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.