PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP PENGETAHUAN KONSEPTUAL SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI

Helen Valentin Sinaga, Togi Tampubolon

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap pengetahuan konseptual dan aktivitas siswa pada materi usaha dan energi. Jenis penelitian ini adalah quasi exsperiment dengan menggunakan two group pretest-posttest design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yang masing-masing berjumlah 33 siswa, pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes berupa pengetahuan konseptual siswa dalam bentuk esai sebanyak 7 soal. Pada kelas eksperimen aktivitas rata-rata siswa dalam tiga kali pertemuan, yaitu 63%, 74% dan 86%. Data yang diperoleh maka model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan aktivitas belajar pada materi usaha dan energi di kelas X SMA Negeri 4 Binjai. Nilai rata-rata postes eksperimen adalah 75,57 dan kelas kontrol adalah 65,71. Setelah diuji dengan uji t menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap pengetahuan konseptual siswa pada materi usaha dan energi di kelas X Semester II SMA Negeri 4 Binjai T.P 2017/2018.

Kata kunci : pembelajaran kooperatif tipeĀ  group investigation, aktivitas, pengetahuan konseptual


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v7i1.13506

Article Metrics

Abstract view : 210 times
PDF - 206 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.