PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA TINGKAT SMA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi pokok Suhu dan Kalor di Kelas X SMA Free Methodist Medan T.P 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X semester genap SMA Free Methodist Medan. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling dan diberikan perlakuan yang berbeda, kelas X-MIA 2 sebagai kelas eksperimen dengan model PBL dan X-MIA 1 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah siswa yang terdiri dari 10 item yang sudah divalidkan. Hasil rata-rata pretes di kelas eksperimen sebesar 39,67 dan hasil rata-rata postes sebesar 82,13 sedangkan hasil rata-rata pretes untuk kelas kontrol sebesar 43,87 dan hasil rata-rata hasil postes sebesar 68,03. Berdasarkan hasil uji t diperoleh ada perbedaan signifikan kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan model PBL dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional pada materi pokok suhu dan kalor.
Kata Kunci : Model problem based learning, kemampuan pemecahan masalah, suhu dan kalorFull Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v7i2.13964
Article Metrics
Abstract view : 189 timesPDF - 216 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.