PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE DI KELAS XI SEMESTER I SMA NEGERI 10 MEDAN T.P. 2017/2018
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok elastisitas dan hukum Hooke di kelas XI semester I SMA Negeri 10 Medan T.P 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 10 Medan yang terdiri dari 4 kelas, Sampel penelitian diambil 2 kelas dengan teknik random sampling yaitu kelas XI-IPA 2 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelas XI-IPA 3 sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah essai test sebanyak 7 soal. Setelah pretes dianalisis normalitas, homogenitas dan uji t ternyata kedua kelas berdistribusi normal, homogen, dan berkemmpuan sama. Kemudian dilakukan perlakuan yang berbeda lalu diberi postes menghasilkan thitung < ttabel hal ini menyatakan ada perbedaaanyang signifikan akibat pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok elastisitas dan hukum Hooke di kelas XI SMA Negeri 10 Medan T.P. 2017/2018.
Kata kunci : model pembelajaran inkuiri terbimbing, keterampilan proses sains, elastisitas dan hukum HookeFull Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v7i2.13966
Article Metrics
Abstract view : 201 timesPDF - 194 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.