PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI POKOK MOMENTUM DAN IMPULS SMA NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa di kelas X Semester II SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan T.P. 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan yang terdiri dari 4 kelas. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik Class Random Sampling yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X-MIA3 sebagai kelas eksperimen dan X-MIA 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes pilihan berganda dan lembar observasi untuk mengukur hasil belajar dan aktivitas siswa. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 35,14 dan kelas kontrol 34,41. Setelah diberi perlakuan yaitu kelas eksperimen dengan pembelajaran inquiry training dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional diperoleh data postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 86,13 dan 78,19. Pada pengujian data postes kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogeny serta ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Inquiry Training terhadap hasil belajar siswa. Selama proses pembelajaran nilai rata-rata aktivitas belajar siswa kelas eksperimen adalah 75 dengan kategori aktif. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar pada materi pokok Momentum dan Impuls di kelas X Semester II SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan T.P. 2016/2017.
Kata kunci: Inquiry Training, Hasil belajar, Aktivitas sFull Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v7i2.13969
Article Metrics
Abstract view : 580 timesPDF - 685 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.