ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI MAN 2 MODEL MEDAN

Yeni Megalina

Abstract


Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui model pembelajaran yang digunakan oleh guru-guru pada mata pelajaran fisika di MAN 2 Model Medan (2) Mengetahui kesesuaian antara model-model pembelajaran yang digunakan dengan fase-fase atau sintaks yang dilakukan dikelas.Populasi  penelitian adalah seluruh siswa  X dan siswa kelas XI , XII jurusan IPA di MAN 2 Medan dan guru bidang studi Fisika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini  mengunakan tehnik observasi,wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini (1) menunjukkan bahwa dua dari tiga orang guru menggunakan model pembelajaran problem based learning. Satu  dari tiga orang guru Fisika yang ada di MAN 2 Model Medan menggunakan model pembelajaran siklus belajar. (2) Dua orang guru yang menggunakan model pembelajaran based learning salah satunya sudah mengimplementasikan fase-fase dengan benar, sedangkan salah satunya lagi belum tepat mengimpelementasikan fase terakhir. Sedangkan pada model siklus belajar, guru sudah bisa  mengimplementasikan fase-fase model pembelajaran siklus tetapi ada dua fase yang belum teapat mengimplementasikannya.

 

Kata Kunci: Model pembelajaran, sintaks

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v7i2.13973

Article Metrics

Abstract view : 186 times
PDF - 431 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
slot gacor slot