ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI MAN 2 MODEL MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui model pembelajaran yang digunakan oleh guru-guru pada mata pelajaran fisika di MAN 2 Model Medan (2) Mengetahui kesesuaian antara model-model pembelajaran yang digunakan dengan fase-fase atau sintaks yang dilakukan dikelas.Populasi penelitian adalah seluruh siswa X dan siswa kelas XI , XII jurusan IPA di MAN 2 Medan dan guru bidang studi Fisika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan tehnik observasi,wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini (1) menunjukkan bahwa dua dari tiga orang guru menggunakan model pembelajaran problem based learning. Satu dari tiga orang guru Fisika yang ada di MAN 2 Model Medan menggunakan model pembelajaran siklus belajar. (2) Dua orang guru yang menggunakan model pembelajaran based learning salah satunya sudah mengimplementasikan fase-fase dengan benar, sedangkan salah satunya lagi belum tepat mengimpelementasikan fase terakhir. Sedangkan pada model siklus belajar, guru sudah bisa mengimplementasikan fase-fase model pembelajaran siklus tetapi ada dua fase yang belum teapat mengimplementasikannya.
Kata Kunci: Model pembelajaran, sintaks
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v7i2.13973
Article Metrics
Abstract view : 186 timesPDF - 431 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.